Zigbee Dan Shareit, Contoh Penerapan Teknologi Nirkabel

Jaringan Nirkabel anwarjublez
Jaringan Nirkabel anwarjublez from anwarjublez.wordpress.com

Apa Itu Zigbee?

Zigbee adalah standar nirkabel yang dikembangkan untuk aplikasi berbasis jaringan nirkabel kecil. Teknologi ini memberikan kemudahan komunikasi antar perangkat melalui jaringan yang menggunakan radiofrekuensi. Zigbee juga memiliki kemampuan untuk menghubungkan perangkat berbasis sensor dan aksesori untuk berbagi informasi. Zigbee didasarkan pada standar IEEE 802.15.4 yang digunakan untuk komunikasi antar perangkat berbasis jaringan nirkabel. Zigbee juga mendukung jaringan mesh, yang memungkinkan perangkat untuk berbagi informasi secara langsung melalui jalur yang berbeda tanpa harus terhubung ke router atau modem. Zigbee juga dapat digunakan di rumah, kantor, gedung, dan juga area outdoor.

Kelebihan Zigbee

Zigbee memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya menjadi teknologi nirkabel yang sangat populer. Salah satu kelebihan utama dari Zigbee adalah biayanya yang relatif rendah. Hal ini karena Zigbee menggunakan radiofrekuensi yang lebih rendah daripada standar IEEE 802.15.4, yang membuatnya lebih mudah dan murah untuk diimplementasikan. Selain itu, Zigbee juga memiliki daya tahan baterai yang luar biasa. Zigbee juga menawarkan kecepatan transmisi yang lebih tinggi daripada teknologi nirkabel lainnya. Selain itu, Zigbee juga memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dalam jarak yang sangat jauh hingga 200 meter.

Apa Itu Shareit?

Shareit adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk berbagi file, foto, video, dan berbagai macam konten lainnya secara nirkabel. Shareit memungkinkan Anda untuk berbagi file dari satu perangkat ke perangkat lainnya melalui jaringan nirkabel. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan dapat dengan mudah berbagi file antara dua perangkat. Shareit juga mendukung berbagai macam format file seperti gambar, video, audio, dokumen, dan lain-lain. Selain itu, Shareit juga memungkinkan Anda untuk berbagi file hingga 200 kali lebih cepat daripada koneksi Bluetooth.

Kelebihan Shareit

Shareit memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya lebih populer daripada teknologi nirkabel lainnya. Salah satu kelebihan utama Shareit adalah kecepatannya yang luar biasa. Shareit memungkinkan Anda untuk berbagi file hingga 200 kali lebih cepat daripada koneksi Bluetooth. Selain itu, Shareit juga memiliki kemampuan untuk berbagi file antara dua perangkat yang tidak terhubung secara langsung. Shareit juga sangat mudah digunakan dan dapat dengan mudah memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Selain itu, Shareit juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan file hingga 4GB.

Kesimpulan

Kedua teknologi nirkabel tersebut, yaitu Zigbee dan Shareit, merupakan contoh yang baik dari teknologi nirkabel. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing yang membuatnya menjadi teknologi yang populer. Zigbee memiliki biaya yang relatif rendah dan daya tahan baterai yang luar biasa, serta kemampuan untuk berkomunikasi dalam jarak yang sangat jauh. Sementara itu, Shareit memiliki kecepatan transmisi yang luar biasa dan kemampuan untuk berbagi file antar dua perangkat yang tidak terhubung secara langsung. Kedua teknologi ini dapat dengan mudah digunakan untuk berbagai macam aplikasi.

Related Articles

Back to top button