Home » media sosial » whatsapp » Cara Menggunakan WhatsApp Web di PC dan HP

Cara Menggunakan WhatsApp Web di PC dan HP

Untuk semakin memanjakan pengguna WhatsApp, pengembang terus melakukan inovasi. Salah satu yang cukup membantu berbagai kebutuhan adalah WhatsApp Web.

WA Web tidak hanya bisa diakses melalui PC atau laptop, namun semua perangkat yang terdapat aplikasi browser tentu bisa menggunakannya.

Hanya saja, sejauh ini penggunaan WA Web lebih banyak melalui perangkat berukuran besar seperti laptop atau PC. Hal itu agar lebih mudah dalam pengoperasiannya.

WhatsApp Web

Apa Itu WhatApp Web

WhatsApp web adalah tool dari pengembang WhatsApp yang bisa kamu akses melalui perangkat komputer desktop. Fitur yang dimiliki WA web sangat mirip dengan fitur yang disediakan aplikasi versi seluler.

Menariknya lagi, WA web dapat digunakan dalam waktu yang bersamaan dengan aplikasi WA di ponsel. Untuk menyambungkan WA ponsel dan PC, kamu hanya perlu memastikan koneksi internet dan melakukan scan kode QR.

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Setelah mengetahui definisi, keunggulan, dan kekurangan WA web, apakah kamu penasaran bagaimana cara login Whatsapp di website? Mengetahui berbagai cara guna memudahkan proses login sangat penting untuk diperhatikan.

Login WA Web PC

Untuk melakukan login WA web pada perangkat keras, seperti komputer, laptop, maupun PC, kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Buka browser, kemudian masuk ke halaman WhatsApp Web atau langsung kesini (Login)
  • Ketika laman sudah terbuka, temukan kode QR yang perlu disambungkan dengan WA ponsel
  • Masuk ke menu Settings pada WA ponsel
  • Scan kode QR tersebut dan nikmati pengalaman berbalas pesan di WA web

Login WA Web di HP

Cara buka Whatsapp web di HP dibedakan menjadi dua, yakni di Android dan di iPhone. Berikut langkah-langkahnya:

Android

Ternyata, kamu bisa merasakan sensasi chatting di Whatsapp tanpa perlu download aplikasinya terlebih dahulu. Untuk mengakses WA web di Android, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti:

  • Pada tampilan WA Android, perhatikan bagian kanan atas panel obrolan, kemudian klik titik tiga
  • Pilih opsi Whatsapp web, lalu pindai kode QR menggunakan perangkat lain
  • Kini, akun ponsel kamu sudah ditautkan dengan Whatsapp versi website

Setelah memindai kode QR, kamu bisa langsung melihat daftar obrolan di halaman laptop atau komputer.

Pada bagian kiri yang utama, terlihat riwayat pesan. Sementara itu, bagian kiri atas memiliki tiga ikon, yakni obrolan baru, menu, dan status.

iOS

  • Sementara itu, cara membuka WA web di iOS memiliki sedikit perbedaan. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:
  • Buka Google pada iPhone, kemudian ketik web.whatsapp.com pada mesin pencarian Google
  • Nyalakan aplikasi WA di iPhone, kemudian pindai kode QR yang muncul
  • Klik Pengaturan, kemudian pilih Whatsapp Desktop / Web
  • Dekatkan ponsel ke kode QR untuk memasangkannya

Fitur Whatsapp Web

Keunggulan yang dimiliki WA web tentu saja tidak dapat terlepas dari beberapa fiturnya. Ingin tahu apa saja fitur yang bisa kamu gunakan pada Whatsapp versi web? Berikut daftarnya:

1. Mode Gelap

Mode gelap merupakan salah satu fitur unggulan aplikasi Whatsapp yang digemari banyak orang. Tidak hanya di aplikasi, ternyata kamu bisa menggunakan dark theme untuk WA web di laptop atau desktop.

Menurut informasi yang beredar, mode gelap pada WA web komposisi warnanya akan lebih gelap daripada mode gelap versi aplikasi. Menggunakan tema ini tentu saja akan membuat tampilan WA kamu lebih elegan dan menarik.

2. Voice & Video Call

Waktu pertama kali muncul, WA web memang tidak menyediakan fitur untuk voice maupun video call. Namun, kini hal itu tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Saat ini, WA web sudah menghadirkan fitur untuk melakukan panggilan suara maupun video. Kehadiran fitur yang paling ditunggu ini tentu saja dapat membantu kamu dalam berkomunikasi, berbisnis, maupun bertukar informasi.

3. Search By Images

Fitur selanjutnya adalah search by image. Fitur ini sangat diunggulkan karena mampu membantu pengguna WA untuk melakukan pencarian foto di Google Images.

Jika ada yang mengirimkan foto, kamu bisa langsung mencari foto tersebut di website. Tak perlu bingung, caranya juga sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

4. Keamanan Biometrik

Salah satu pertimbangan untuk menggunakan aplikasi chatting tentu saja adalah masalah keamanan. Aplikasi WA memang menjadi salah satu sarana bertukar pesan dengan sistem keamanan yang tinggi.

Lantas, bagaimana dengan WA web? Tentu saja WA versi web juga mementingkan keamanan para penggunanya. Sistem keamanan yang digunakan adalah otentikasi biometrik lewat wajah atau sidik jari di ponsel.

Biometrik yang sah adalah wajah atau sidik jari yang sudah didaftarkan pada ponsel masing-masing. Setelah itu, kamu dapat memindai kode QR untuk melakukan login. Perlu diketahui, fitur ini hanya dapat berjalan pada WA web di iOS 14 ke atas.

Keunggulan WA Web

Dibandingkan Whatsapp versi aplikasi, tentu saja Whatsapp berbasis web memiliki keunggulan tersendiri. Berikut beberapa keunggulan WA web:

1. Meningkatkan Produktivitas Kerja 

Bila seluruh data-data atau file terkait pekerjaan ada di laptop, rasanya sangat tidak efektif jika kamu memantau smartphone. Kehadiran web WA akan meningkatkan kinerja, sehingga proses membalas pesan lebih cepat. Dengan begitu, tentu saja produktivitas kerja akan bertambah.

2. Lebih Efisien

Whatsapp web adalahsalah satu terobosan terbaik bagi kamu yang memiliki banyak pekerjaan di komputer, seperti membuat dokumen, mengetik, dan lain sebagainya. Kehadiran WA web akan membuat kinerja menjadi lebih efisien.

Pasalnya, kegiatan mengetik yang dilakukan di komputer akan lebih cepat dan nyaman dibandingkan melalui ponsel. Selain itu, hasil ketikan juga akan langsung dibuat menjadi draft, sehingga kamu bisa mencarinya dengan mudah di folder tersimpan.

3. Lebih Ringan

Keunggulan WA web selanjutnya adalah lebih ringan. Pasalnya, platform WA web dapat dibuka melalui browser secara langsung. Tentu saja kamu bisa memanfaatkan platform ini untuk menghemat kuota.

4. Pengiriman File Lebih Mudah

Ketika ingin mengirim file, baik dalam bentuk dokumen, foto, video, maupun lainnya, WA web memang lebih cepat dibandingkan aplikasinya.

Biasanya, file penting akan langsung diarsipkan dalam komputer, sehingga kamu bisa langsung mencarinya tanpa harus melakukan proses pemindahan file.

5. Mempercepat Pekerjaan Bisnis

Keunggulan WA web yang terakhir adalah mampu mempercepat pekerjaan bisnis. Sama seperti versi aplikasinya, WA web juga dapat menjadi platform yang tepat untuk menjawab berbagai keluhan konsumen, pertanyaan klien, maupun penjelasan produk.

Bahkan, WA web dapat menjadi media promosi yang ampuh. Untuk diketahui, WA web juga dapat dijalankan di laptop atau PC, sehingga sangat mudah digunakan.

Dengan menggunakan WA versi web, berbagai pekerjaan bisnis akan lebih ringan dan menghemat waktu. Kamu bisa menyiapkan file atau draft di laptop terlebih dahulu untuk menjawab berbagai permasalahan tanpa harus mengetik berulang kali.

Kekurangan WA Web

Disamping berbagai kelebihan yang sudah disebutkan di atas, tentu saja WA web masih mempunyai kekurangan. Namun, kekurangan yang dimilikinya tidak seberapa bila dibandingkan dengan kelebihannya.

Apalagi, jika mengingat WA web bisa diakses secara mudah dan gratis. Akan tetapi, tak ada salahnya mengetahui beberapa kekurangan WA web, misalnya:

1. Sangat Bergantung pada Akses Internet

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, WA web memang jauh lebih ringan karena dapat langsung dibuka pada browser. Akan tetapi, keunggulan ini juga bisa menjadi boomerang bagi kamu.

Karena harus dibuka lewat browser, maka sangat dibutuhkan akses internet yang kuat. Bila akses internet tidak kuat, WA web kamu bisa error hari ini atau tidak bisa dibuka.

Selain itu, penggunaan WA web juga akan tidak nyaman jika akses internet terhambat. Nantinya, WA web akan menerima respon dengan sangat lambat.

2. Menguras Baterai

Perlu diketahui, untuk masuk WA web, kamu harus menghubungkan perangkat keras dengan ponsel. Maka dari itu, tak heran jika baterai ponsel akan terkuras banyak.

Bila kamu menggunakan WA web dalam waktu yang lama, ponsel dapat memanas dan mengalami kerusakan. Disarankan, jangan gunakan WA web secara terus-menerus, tanpa mengistirahatkan ponsel.

3. Membutuhkan Dua Perangkat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, WA web memang membutuhkan dua perangkat agar dapat berjalan secara optimal. Selain itu, kamu juga harus memastikan perangkat yang digunakan berada dalam keadaan menyala atau masih berjalan.

Jadi, WA web tidak bisa diandalkan atau dijadikan sebagai pengganti saat salah satu perangkat mati. Kamu tidak bisa masuk WA hanya dengan satu perangkat saja.

Penutup

Dengan berbagai keunggulan dan fitur-fitur tersebut, tak heran jika WA web sangat diandalkan masyarakat di era modern ini. Meskipun ada beberapa kekurangan, tapi Whatsapp web tetap layak untuk kamu perhitungkan.

Rate this post

Leave a Comment