Sejarah Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

SEJARAH PERINGATAN HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL (HAKTEKNAS
SEJARAH PERINGATAN HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL (HAKTEKNAS from cgtrend.blogspot.com

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HKTN) adalah hari yang dimaknai untuk menghormati dan merayakan kemajuan teknologi di Indonesia. Hari ini jatuh pada tanggal 2 November, yang mengingatkan kita tentang kebangkitan teknologi nasional yang dipicu oleh kejadian yang terjadi pada hari yang sama pada tahun 1982. Pada saat itu pemerintah Indonesia menandatangani perjanjian dengan produsen komputer terkenal di dunia, yakni Commodore International, untuk memproduksi komputer buatan lokal dengan nama Commodore PET-2001.

Adanya kesepakatan ini telah menjadi tonggak sejarah perkembangan teknologi di Indonesia. Sebab, sejak saat itu, kemampuan teknologi di negara ini mulai meningkat dengan pesat. Pada tahun 1984, pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan yang mengizinkan perusahaan swasta untuk memproduksi dan melakukan penjualan barang-barang teknologi, seperti komputer dan televisi. Selain itu, pada tahun yang sama, perusahaan komputer Commodore telah mengirimkan lebih dari 1.000 unit komputer Commodore PET-2001 ke berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Hingga tahun 1990-an, terdapat banyak perusahaan di Indonesia yang memproduksi berbagai produk teknologi, seperti televisi, radio, dan mesin fotokopi. Pada tahun 1997, pemerintah Indonesia juga mulai menggalakkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) di berbagai bidang, seperti pendidikan, usaha kecil, dan pemerintahan. Pada tahun yang sama, pemerintah Indonesia juga mengumumkan rencana untuk mengembangkan pendidikan teknologi informasi dan komunikasi di seluruh Indonesia.

Tahun 2000-an menandai awal masa kejayaan teknologi di Indonesia. Pada tahun 2006, pemerintah Indonesia menerbitkan Undang-Undang Telekomunikasi yang memberikan dukungan hukum bagi para pelaku industri telekomunikasi. Selain itu, pada tahun yang sama, pemerintah juga menetapkan sejumlah kebijakan untuk mendukung pengembangan industri teknologi dan meningkatkan penggunaan ICT di berbagai sektor. Tahun 2007 menandai awal pengembangan e-government di Indonesia, yang menyediakan berbagai layanan pemerintah secara daring.

Pada tahun 2010, penggunaan Internet di Indonesia telah mencapai lebih dari 45 juta jiwa. Pada tahun yang sama, pemerintah Indonesia juga mulai mengembangkan layanan tambahan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), seperti layanan pembayaran daring, layanan pencarian, dan layanan e-commerce. Dengan berbagai layanan baru yang tersedia, masyarakat Indonesia dapat mengakses berbagai informasi dan layanan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Pada tahun 2011, pemerintah Indonesia membentuk Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk menangani perkembangan industri teknologi di Indonesia. Pada tahun yang sama, pemerintah juga menerbitkan peraturan yang mengatur penggunaan dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di berbagai sektor. Selain itu, pemerintah juga mengumumkan rencana untuk mengembangkan ekosistem teknologi di Indonesia melalui program-program seperti e-government, e-commerce, dan e-learning.

Pada tahun 2012, lembaga riset teknologi di Indonesia, yaitu Lembaga Riset dan Pengembangan Teknologi (LIPI), mulai mengembangkan produk-produk teknologi baru. Pada tahun yang sama, pemerintah juga mengumumkan rencana untuk membangun jaringan internet yang lebih luas di Indonesia. Pada tahun 2013, pemerintah juga menerbitkan berbagai kebijakan untuk mendukung pengembangan industri teknologi di Indonesia, seperti kebijakan tentang hak cipta dan paten.

Selanjutnya, pada tahun 2014, pemerintah Indonesia menerbitkan Kebijakan Pemerintah Indonesia tentang Ekosistem Industri Teknologi (KPIET) yang menetapkan tujuan, strategi, dan kebijakan untuk membangun ekosistem teknologi di Indonesia. Pada tahun yang sama, pemerintah juga menandatangani perjanjian dengan produsen teknologi ternama seperti Apple, Microsoft, dan Google untuk mengembangkan produk-produk baru di Indonesia. Pada tahun 2015, pemerintah Indonesia juga menandatangani perjanjian dengan produsen teknologi ternama seperti Samsung, Sony, dan Huawei untuk mengembangkan produk-produk baru di Indonesia.

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HKTN) adalah perayaan nasional yang diadakan setiap tahun pada tanggal 2 November untuk menghormati dan merayakan kemajuan teknologi di Indonesia. Hari ini merupakan momentum penting bagi masyarakat Indonesia untuk mengingat sejarah dan kemajuan teknologi di negara ini. Dengan berbagai kebijakan dan program yang telah diterapkan, pemerintah Indonesia berharap dapat meningkatkan teknologi di Indonesia dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Related Articles

Back to top button