8 Urutan Rank Mobile Legends dari Noob Hingga Tertinggi

Rank dalam permainan Mobile Legends merupakan tingkatan yang bisa dicapai oleh para pemainnya. Ada 8 urutan rank Mobile Legends pada tahun 2021. Fungsi rank tersebut sebagai tolak ukur tingkat kemampuan masing-masing pemain.

Biasanya semakin tinggi rank ML maka akan semakin sulit tingkat permainannya. Oleh sebab itu dibutuhkan skill dan pengetahuan teknik bermain. Pemain akan mendapat bintang satu pada tiap rank setelah kemenangan di ranked match ML. 

Bintang 1 didapat ketika Star-Raising Point terpenuhi sesuai bobot masing-masing rank dan terdapat Protection Point yang berfungsi sebagai ‘perlindungan’ jika defeat (kalah) dalam permainan. Namun, poin perlindungan semakin menurun sesuai bobot masing-masing rank.

Apa Itu Rank Mobile Legends?

Seperti yang diisnggung di atas, pangkat atau rank mobile legends adalah tingkatan dalam game ML yang bisa dicapai setelah memenuhi syarat yang sudah ditentukan.

Rank Mobile Legends Terbaru

Baik kamu masih pemula atau sudah menuju pro dalam memainkan permainan ini, coba ketahui dulu urutan pangkat ML agar lebih semangat bermain dan mengejar peringkat. Berikut urutan pangkat Mobile Legend terbaru sesuai rank.

1. Pangkat ML Warrior

rank mobile legends

Rank Mobile Legends Warrior adalah pangkat paling bawah. Urutan ini tersedia saat kamu pertama kali bermain Mobile Legends di ranked match pada level 8. Rank awal mempunyai 5 hero yang bisa didapat atau dibeli. Selain itu terdapat 3 tingkat di ML Warrior yaitu Warrior III – I.

Untuk meraih tingkat selanjutnya pemain harus mengumpulkan 3 bintang di masing-masing  rank. Pada pangkat Warrior ini jika pemain kalah pada permainan maka ia tidak akan kehilangan bintang.

Hero yang digunakan bersifat bebas. Sedangkan pemain yang bermain di fase rank tersebut kebanyakan masih pemula atau biasa disebut sebagai noob

2. Pangkat ML Elite

rank mobile legends

Pangkat Elite bisa didapatkan setelah melewati fase Warrior. Rank ini memiliki 3 tingkatan dari Elite III – I dengan total 4 bintang yang harus diraih agar dapat naik ke tingkat selanjutnya.

Rank ini sifatnya hampir sama dengan pangkat Warrior dan tidak begitu banyak perubahan yang signifikan. Kebanyakan pemain di fase ini adalah mereka yang sudah mulai paham cara bermain Mobile Legends.

Namun, jika pemain mengalami kekalahan pada tingkatan ini, maka ia dapat kehilangan bintang kalau protection point nya sudah habis.

3. Pangkat ML Master

rank mobile legends

Mobile Legends rank yang satu ini memiliki 4 tingkatan yaitu Master IV – I. Pemain harus meraih 4 bintang agar bisa naik peringkat. Dalam fase ini terdapat beberapa pemain yang hanya mengandalkan permainan seadanya (tanpa Bot).

Player di tingkat ini akan menghadapi musuh yang memiliki berbagai macam skill serta teknik bermain yang masih relatif mudah.

4. Pangkat ML Grandmaster

Dalam fase rank ML Grandmaster, terdapat banyak pemain yang kesulitan untuk naik ke rank Epic atau malah turun dari Epic ke Grandmaster. Hal ini karena sering mengalami kekalahan dalam bermain.

Terdapat 5 tingkatan dalam pangkat keempat iniyaitu Grandmaster V – I. Pada rank ini barulah terdapat pemain yang cukup handal dan yang sudah terbiasa bermain Mobile Legends.

Tips utama untuk bisa melewati tingkatan ini adalah fokus saja bermain solo dan kuasai beberapa jenis Hero agar terbiasa menggunakannya.

5. Pangkat ML Epic

Ada beberapa tambahan aturan main bagi para players di rank Epic, salah satunya yaitu pemain akan dihadapkan dengan sistem Draft Pick dan bisa banned 6 hero ( sebelumya 4 hero) dalam satu kali permainan.

Pada Sistem Draft Pick ini pemain disarankan mempunyai banyak pilihan hero yang dikuasai. Nantinya jika salah satu hero di-banned maka masih banyak hero yang lain.

Selain itu terdapat 5 tingkatan dalam rank ini yaitu Epic V – I dengan 5 bintang yang harus diraih.

6. Pangkat ML Legend

Dalam rank ini biasanya terdapat beberapa pemain yang cukup pro. Mereka juga bermain dalam tim yang konsisten dan stabil serta memiliki kerja sama yang cukup baik. Tak jarang Pangkat Legends diisi oleh tim E-sport amatir.

Kendala yang sering muncul di fase ini adalah kekompakan. Banyak tim yang gaya bermainnya masih asal sehingga menjadi ‘beban’ tersendiri bagi salah satu anggota. Ada 5 tingkatan rank Legends yaitu legend V – I dengan 5 bintang yang harus diraih.

7. Pangkat ML Mythic

Mythic termasuk pangkat teratas di game Mobile Legends. Jika sudah sampai di tahap ini pemain tidak perlu takut turun rank karena pada Moonton berlaku adil dalam memberikan point.

Sejak season 14 terjadi cukup banyak perubahan pada tingkat ini seperti berubahnya sistem bintang yang tersedia menjadi sistem point. Terdapat 5 tingkatan di pangkat ke-7 yaitu Mythic V – I dengan sistem poin.

Pemain yang berpangkat Mythic dapat dikatakan sebagai Pro Player di ML. Hal ini karena untuk sampai di rank ketujuh membutuhkan skill, teknik dan kerja tim yang kompak agar bisa menang di Ranked Match.

8. Pangkat ML Glorious Mythic

Rank tertinggi ML adalah Glorious Mythic. Pangkat GM kebanyakan dimiliki oleh pemain TOP papan atas tim ESport tingkat tinggi dan nickname yang sering mengikuti turnamen nasional atau bahkan world tournament.

Peringkat ini didapat apabila pemain telah mencapai poin diatas 600. Dibutuhkan kerja keras agar naik ke rank GM karena harus mengumpulkan poin sebagai syarat utama.

Tips Cara Menaikkan Rank Mobile Legends

Setiap pemain mobile legends pastinya ingin bisa berada di rank tertinggi ML dan selalu menang dalam pertandingan. Game bersifat RPG (5 VS 5) memiliki 8 tier (2021) yang harus dihadapi setiap pemain mulai dari pangkat Warrior hingga Glorious Mythic.

Tips dan Trik yang dibutuhkan masing-masing pemain sangat beragam sesuai dengan skill and ability. Tak semua tips and tricks pas bagi semua player. Semakin terbiasa bermain maka akan semakin menguasai pola.

1. Kuasai Berbagai Macam (META) Hero

Tips pertama adalah menguasai Hero dan berbagai effect atau dikenal sebagai Most Effective Tactics Available (META). Pemain harus paham setiap jenis karakter (Mage, Tank, Assassin, Fighter, Marksman, dan Support).

Penguasaan Hero ini biasanya patut dicoba oleh pemain saat berada di rank warrior, karena masih dalam proses pengenalan.  Mencoba karakter satu persatu juga dapat membuat player lebih terbiasa di tingkatan-tingkatan selanjutnya.

2. Atur Waktu Bermain

Saat akan bermain Mobile Legends sebaiknya hindari waktu tertentu seperti pagi dan siang hari. Biasanya pada jam-jam tersebut banyak pemain pemula atau noob sehingga akan sulit untuk memenangkan permainan.

Dalam game dibutuhkan tim yang taktis dan bisa bekerja sama dengan baik, khususnya jika kamu bermain solo (tanpa tim bawaan). Disarankan untuk bermain pada malam hari saat para pro player bermunculan.

3. Hindari Bermain Asal-asalan

Perlu diingat bahwa jenis game ML ini adalah RPG 5 Vs 5, sehingga membutuhkan team work yang baik. Sebagaimana hal nya bermain sepak bola perlu formasi serta komunikasi tim yang kompak.

Jangan paksakan satu hero untuk bekerja sendiri karena masing-masing karakter tidak memiliki super power untuk menahan semua jenis serangan. Penempatan yang baik diperlukan agar kekuatannya bisa digunakan secara optimal. 

Selain itu, ketahui berbagai item yang digunakan saat bermain agar serangan setiap karakter bisa efektif atau menimbulkan damage ke milik lawan. Tidak semua item tepat untuk dipakai oleh hero, jadi temukanlah yang sesuai.

4. Sewa Joki

Tips yang satu ini tidak begitu disarankan, tapi jika kamu sudah merasa kesal atau hopeless karena susah naik tingkat mungkin menggunakan jasa joki bisa menjadi solusi instan.

Pakailah jasa joki yang merupakan seorang pro player untuk memainkan akun Mobile Legends kamu. Hal ini akan sedikit merogoh kocek, namun bisa membuatmu cepat naik pangkat.

5. Gabung Grup Mobile Legends di Sosmed

Sosial media seperti Facebook, Kaskus atau Quora biasanya menyediakan layanan grup maupun ‘lapak’ untuk tanya jawab. Kamu bisa mencari informasi tentang tips bermain ML bagi pemula di sosmed.

Bergabung dengan grup Mobile Legends atau mengikuti akun-akun pro player mungkin bisa membantu. Banyak-banyaklah bertanya tentang informasi strategi bermain pada anggota grup.

Cara Melihat Rank Mobile Legends

Terdapat beberapa cara melihat info rank di permainan Mobile Legend yang bisa kamu coba, berikut ulasan lengkapnya.

1. Lihat Rank ML dalam Opsi Jenis Match

  • Pertama-tama buka game Mobile Legends, lihat opsi jenis pertandingan di tengah tengah tampilan awal (lobby). Ada panah kanan-kiri yang berfungsi memindahkan opsi jenis match.
  • Setiap jenis berbeda pada tiap rank, sesuai dengan yang biasa dimainkan pemain. Biasanya opsi Ranked Match paling sering dipilih, karena bersifat daring dan bisa dimainkan oleh berbagai player.
  • Informasi icon. nama tingkatan rank, serta jumlah bintang yang di dapat tersedia di atas opsi jenis match.
rank mobile legends

2. Lihat Rank ML di Informasi Profil

  • Pada halaman lobby selain dapat melihat info rank di opsi jenis match, pemain juga bisa melihatnya di profil masing-masing (pojok kiri atas). Terdapat informasi foto profil/username/level. Ketuk pada username.
rank mobile legends
  • Di halaman selanjutnya, klik tab “Profil” (1). Kemudian, ketuk sub tab “dasar” (2). Maka akan muncul “Rank Saat Ini” (3), informasi pencapaian “Rank Tertinggi” (4), hingga tropi dan jumlah hero yang dipunya.
rank mobile legends

Penutup

Mobile Legends adalah salah satu game yang membutuhkan keahlian berbeda dari beberapa permainan yang ada. Khususnya, pada bagian Kerjasama tim dan penguasaan akan hero yang digunakan.

Akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri jika sudah berpangkat tinggi, apalagi bisa sampai masuk ajang turnamen dan menghasilkan uang. Jadi, mulailah biasakan bermain rutin agar semakin memahami medan dan strategi.

Dari penjelasan tentang urutan pangkat Mobile Legend di atas, pastinya tidak ada lagi pertanyaan pangkat ML apa saja? Selamat bereksplore dan menjadi pro player di ML ya!

Leave a Comment