Home » komputer » Perbedaan Laptop dan Komputer, Mana yang Lebih Baik?

Perbedaan Laptop dan Komputer, Mana yang Lebih Baik?

Ada cukup banyak perbedaan laptop dan komputer, namun dua benda ini mempunyai fungsi yang sama. Salah satu kegunaannya yaitu sebagai alat bantu piranti dalam beraktifitas seperti menyelesaikan pekerjaan, belajar, atau hanya untuk hiburan semata.

Pada zaman sekarang, kesamaan laptop dan komputer yaitu menjadi salah satu teknologi populer di seluruh dunia dan sudah dimiliki oleh banyak pengguna.

Laptop maupun komputer telah dilengkapi fitur-fitur yang setara  satu sama lain. Berbagai desain laptop dan komputer dibuat sebagaimana mestinya. Lebih lanjut, mari pahami perbedaan antara keduanya dengan penjelasan berikut ini.

Apa itu Laptop?

perbedaan laptop dan komputer

Laptop adalah alat berupa komputer portable yang mempunyai ukuran relatif kecil, ringan dan kokoh dengan berat rata rata 1-6kg saja. Benda ini disertai beberapa faktor dimensi, jenis bahan, hingga spesifikasi.

Sebagaimana fungsinya, laptop dapat dibawa kemana saja. Benda ini telah dilengkapi Layar, keyboard, touchpad dan baterai sebagai sumber daya utamanya. Perangkat ini sudah termasuk alat adaptor daya yang dapat memberikan dan mengisi sumber listrik.

Seiring perkembangan teknologi, kemampuan kinerja laptop setara dengan komputer. Perangkat ini juga mencakup beberapa Input Output Port seperti USB, cdrom, jaringan wireless, LAN yang dapat membantu penggunanya mengakses internet.

Apa itu Komputer? 

perbedaan laptop dan komputer

Komputer merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari jutaan komponen yang bisa bekerja secara otomatis sesuai dengan perintah yang diberikan yang kemudian menghasilkan output berupa informasi dan data.

Komputer juga mampu menyimpan, mengambil dan mengolah data. Sebagai contoh, pengerjaan copy paste dokumen, mengirim email, bermain game, browsing, mengetik, presentasi hingga multimedia dapat dilakukan dengan alat ini.

Perbedaan Laptop dan Komputer

apa itu laptop apa itu dekstop

Ada banyak perbedaan laptop dan komputer berdasarkan beberapa kategori, baik dari segi software maupun hardware. Hal-hal berikut mungkin bisa jadi pertimbangan saat kamu akan membeli salah satu perangkat ini:

1. Secara Mobilitas

Laptop:

Telah dilengkapi dengan komponen yang didesain sedemikian rupa agar mudah dibawa kemana saja. Dimensi dan bobot yang lebih kecil serta ringan daripada komputer membuat perangkat ini sebagai piranti kedua setelah ponsel.

Komputer:

Komponen komputer terinstall secara terpisah, membuat posisinya harus tetap berada di satu tempat sebagai contoh dirumah atau dikantor.

2. Sumber Daya

Laptop:

Mampu mengalirkan daya listrik dan baterai atau bisa disebut sebagai adaptor bagi alat yang lain. Watt yang dibutuhkan oleh laptop relatif rendah karena konsumsi daya komponen utamanya dibuat lebih kecil. 

Komputer:

Hanya dapat menyalurkan daya listrik utama ke sistem. Komputer membutuhkan arus lebih besar karena dimensi komponen lebih banyak dan monitor secara terpisah, watt yang dibutuhkan pun jadi lebih besar.

3. Kinerja

Laptop:

Untuk keperluan proses dasar seperti penggunaan internet, edit foto ringan, pekerjaan kantor atau bermain game ringan, laptop menjadi pilihan yang tepat. 

Komputer:

Dari segi kinerja, komputer masih tetap pilihan yang lebih baik untuk kegiatan berat seperti bermain game atau video editing.

4. Spesifikasi

Laptop:

Dimensi processor laptop dibuat ramping untuk memenuhi syarat dimensi. Oleh karena itu, untuk membuat laptop dengan spesifikasi tinggi setara komputer akan menjadikan harganya sangat mahal.

Komputer:

Spesifikasi komputer lebih besar dan memiliki performa powerfull dibanding laptop karena perubahan perangkat hardware yang fleksibel. Sedangkan laptop lebih mementingkan fungsi yang bisa dibawa kemana saja. 

5. Kapasitas Storage

Laptop:

Laptop mempunyai ruang yang terbatas, sehingga proses penambahan storage lebih sulit karena harus menyesuaikan dengan dimensi yang diberikan.

Komputer:

Kelebihan komputer daripada laptop lainnya yaitu kapasitas storage komputer cukup besar karena ruang yang diberikan oleh CPU lebih luas. Hal ini membuat proses penambahan internal hardisk pun bisa lebih banyak. 

6. Model Instalasi

Laptop:

Laptop sudah dibentuk ramping dan didesain sedemikian rupa sesuai spesifikasi. Kamu hanya butuh waktu sedikit untuk membaca manual book dan menekan tombol power untuk mengaktifkanya.

Komputer:

Sementara setting komputer dapat dibilang susah-susah gampang dibanding laptop. Kamu harus mengerti fungsi komponen dan cara pemasanganya. Pengetahuan untuk mengatur konfigurasi perangkat lunak pun sangat dibutuhkan.

7. Tingkat Pembaruan Sistem

Laptop:

Dari segi dimensi yang lebih ringkas, laptop hanya dapat diupgrade pada bagian hardisk dan RAM saja.

Komputer:

Sistem hardware pada komputer dapat dilepas. Hal ini tentu mempermudah proses upgrade komponen selama masih bisa support motherboard. Kamu bisa bebas menentukannya sesuai keinginan.

8. Video Grafis

Laptop:

Kapasitas video card pada laptop sangat terbatas dan tidak bisa dimaksimalkan. Selain itu, konsumsi daya yang relatif kecil akan menghasilkan visual dengan kualitas standar.

Komputer:

Video grafis pada komputer mempunyai dual output monitor yang cocok untuk proses editing dan bermain game. Hal ini karena daya yang besar menghasilkan visual yang lebih mulus dan berkualitas.

9. Biaya

Laptop:

Komponen laptop terbatas di pasaran, jadi untuk mendapatkan perangkat dengan spesifikasi terbaik dan storage yang besar akan menghasilkan harga yang sangat mahal. Contohnya untuk gaming dengan range harga laptop di 7-40 juta rupiah.

Komputer:

Ketersediaan komponen komputer yang variatif membuat para penggunanya dapat menentukan spesifikasi yang dibutuhkan sesuai dengan budget. Untuk komputer standar yang cukup bagus, bisa didapatkan hanya dengan harga 1-5 juta saja.

Kelebihan dan Kekurangan Laptop vs Komputer

perbedaan laptop dan komputer

Untuk membantu mengurangi kebingungan kamu dalam memilih laptop atau komputer, berikut beberapa kelebihan dan kekurangannya secara singkat:

Kelebihan dan Kekuarangan Laptop

Kelebihan Laptop

  • Bisa dibawa kemana saja karena bentuk yang ringkas dan ringan untuk dijinjing.
  • Dengan adanya baterai internal, membuat laptop bisa digunakan dimana saja meski tidak dihubungkan ke sumber daya.
  • Tidak perlu menggunakan UPS (Uninterruptible Power Supply), karena komponen sudah dilengkapi sistem recovery yang dapat menyimpan data jika terjadi lonjakan daya.

Kekurangan Laptop

  • Sulitnya upgrade komponen karena bentuk dan perubahan spesifikasi yang cepat.
  • Sparepart yang mahal karena terdiri dari komponen kecil.
  • Proses perbaikan yang rumit karena desain laptop telah menjadi satu kesatuan. Apabila terdapat kerusakan pada salah satu komponen, resiko pembongkaran bisa terjadi.

Kelebihan dan Kekuarangan Komputer

Kelebihan Komputer

  • Harga komputer dengan spesifikasi standar lebih murah daripada laptop dengan spesifikasi yang serupa.
  • Durability komputer yang tinggi membuat performa yang dimilikinya lebih besar.
  • Proses penggantian dan pembaruan komponen lebih mudah dibongkar pasang.
  • Hampir semua hardware dapat dikombinasikan sesuai keinginan, seperti monitor dan keyboard.
  • Proses perakitan yang bisa di custom sesuai keinginan dan budget.

Kekurangan Komputer

  • Bentuk yang besar menjadikannya sulit untuk dibawa kemana-mana.
  • Butuh input power yang lebih besar daripada laptop.
  • Membutuhkan UPS untuk backup daya listrik yang berfungsi sebagai penyimpan data.

Laptop atau Komputer, Mana yang Lebih Baik? 

perbedaan laptop dan komputer

Sebelum memutuskan untuk membeli, pahamilah dulu kebutuhan dan alasan kenapa harus mempunyai laptop atau komputer. Pertimbangkan kembali harga laptop dan komputer, spesifikasi, serta kelebihan dan kekurangannya.

Bagi pekerja atau pelajar yang diwajibkan membawa piranti pendukungnya kemana-mana, sangat disarankan mempunyai laptop. Namun, apabila kamu seorang gamers, atau membutuhkan perangkat spek tinggi, jawabanya sudah pasti komputer.

Penutup

Itu dia beberapa ulasan tentang perbedaan laptop dan komputer. Semuanya kembali pada kamu untuk memilih salah satu dari perangkat. Pertimbangkan juga beberapa faktor yang sudah dijelaskan. Semoga bermanfaat!

Rate this post

Leave a Comment