Pengangguran Tersembunyi: Apa Itu?

Omnibus Law untuk Kurangi Angka Pengangguran di Indonesia Minews ID
Omnibus Law untuk Kurangi Angka Pengangguran di Indonesia Minews ID from www.minews.id

Pengangguran tersembunyi adalah salah satu masalah ekonomi yang berkembang pesat di Indonesia. Meskipun jumlah pengangguran di Indonesia telah menurun tahun ini, masalah pengangguran tersembunyi tetap menjadi perhatian banyak orang. Pertanyaan yang sering diajukan adalah: Apa itu pengangguran tersembunyi? Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang apa itu pengangguran tersembunyi.

Apa itu Pengangguran Tersembunyi?

Pengangguran tersembunyi adalah orang yang tidak terlihat dalam data resmi sebagai pengangguran. Hal ini karena mereka tidak mendaftar di kantor ketenagakerjaan atau tidak memiliki pekerjaan resmi. Orang-orang ini biasanya tidak disebut sebagai pengangguran atau mereka bahkan tidak dapat dicatat dalam data pengangguran. Namun, mereka juga mengalami masalah pengangguran, dan masalah ini harus ditangani.

Apa Alasan Orang Menjadi Pengangguran Tersembunyi?

Ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan seseorang menjadi pengangguran tersembunyi. Alasan yang paling umum adalah bahwa orang tidak memiliki pekerjaan yang layak. Beberapa orang mungkin juga menghindari pajak atau tidak ingin mengakui bahwa mereka telah menjadi pengangguran. Beberapa orang mungkin juga tidak tahu cara mendaftar di kantor ketenagakerjaan atau tidak memiliki dokumen yang diperlukan untuk mendaftar. Di beberapa kasus, orang mungkin tidak bisa mendapatkan pekerjaan karena alasan seperti usia, keterbatasan fisik, atau ketidakmampuan mereka untuk mencari pekerjaan di lokasi tertentu.

Apa Solusi untuk Masalah Pengangguran Tersembunyi?

Untuk mengatasi masalah pengangguran tersembunyi, pemerintah harus meningkatkan pelayanan di kantor ketenagakerjaan, dan mengajarkan orang tentang cara mendaftar di kantor ketenagakerjaan. Selain itu, pemerintah harus meningkatkan edukasi tentang cara mencari pekerjaan dan membantu orang dengan masalah keterbatasan fisik atau usia untuk menemukan pekerjaan. Pemerintah juga harus menyediakan program bantuan sosial untuk membantu orang yang tidak mampu mencari pekerjaan lokal. Selain itu, pemerintah harus meningkatkan akses orang ke pelatihan dan kesempatan pekerjaan yang layak.

Kesimpulan

Masalah pengangguran tersembunyi adalah masalah yang membutuhkan perhatian serius dari pemerintah dan masyarakat. Dengan meningkatkan pelayanan di kantor ketenagakerjaan dan memberikan bantuan sosial, pemerintah dapat membantu orang yang terkena dampak pengangguran tersembunyi. Pemerintah juga harus meningkatkan edukasi tentang cara mencari pekerjaan dan membantu orang yang memiliki keterbatasan fisik atau usia untuk menemukan pekerjaan. Dengan melakukan hal ini, Indonesia dapat mengurangi jumlah pengangguran tersembunyi dan menjamin bahwa semua orang mendapatkan kesempatan yang adil untuk bekerja.

Related Articles

Back to top button