Apa Itu Jurusan Pertambangan Di Institut Teknologi Medan?

Logo Institut Teknologi Medan Free Download Logo Format PNG
Logo Institut Teknologi Medan Free Download Logo Format PNG from logo.yedepe.com

Institut Teknologi Medan (ITM) merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. ITM memiliki berbagai macam program studi untuk menyediakan pendidikan berkualitas tinggi, salah satunya adalah Jurusan Pertambangan. Jurusan Pertambangan di ITM menyediakan program pendidikan yang mencakup teori dan praktek di bidang pertambangan. Program ini mengajarkan teknik dan teknologi untuk mengidentifikasi, mengolah, menganalisis dan mengelola sumber daya alam. Mahasiswa juga diajarkan tentang lingkungan, keselamatan dan manajemen risiko.

Kompetensi yang Dipelajari di Program Studi Pertambangan di ITM

Program studi Pertambangan di ITM mencakup berbagai bidang keahlian, seperti geologi, hidrologi, geoteknik, kehutanan, manajemen sumber daya alam, konservasi dan rekayasa teknik tambang. Mahasiswa belajar tentang alat survey dan pengukuran, analisis data, pemodelan geologi, perencanaan tambang, pemrosesan bahan galian, dan manajemen lingkungan. Mahasiswa juga diajarkan tentang prinsip-prinsip keselamatan dan keselamatan kerja. Program studi Pertambangan di ITM juga menawarkan beberapa bidang keahlian terkait, seperti geokimia, geofisika dan rekayasa mekanik.

Fasilitas di Program Studi Pertambangan di ITM

ITM telah mendorong pengembangan program studi Pertambangan dengan menyediakan berbagai macam fasilitas. Fasilitas ini meliputi laboratorium geologi, laboratorium geofisika, laboratorium kimia, laboratorium komputer, laboratorium mekanik, laboratorium keselamatan kerja, laboratorium lingkungan, dan laboratorium pemrosesan bahan galian. Laboratorium-laboratorium ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk belajar dan berlatih teknik-teknik yang digunakan dalam industri pertambangan. Selain itu, ITM juga menyediakan fasilitas penelitian yang memungkinkan mahasiswa untuk melakukan riset di bidang geologi, geofisika dan teknik tambang.

Masa Studi Program Studi Pertambangan di ITM

Program studi Pertambangan di ITM memiliki masa studi 4 tahun. Setiap tahun, mahasiswa akan mengambil 16 mata kuliah. Mereka juga akan melakukan tes akhir pada akhir tahun keempat. Mahasiswa akan menerima gelar Sarjana (S.T) dalam Pertambangan setelah lulus dengan nilai yang memenuhi syarat. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengambil kelas tambahan untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang bidang tambang. Program studi ini juga menyediakan peluang untuk mengambil magang di berbagai perusahaan pertambangan.

Kesempatan Kerja setelah Lulus dari Program Studi Pertambangan di ITM

Kesempatan kerja untuk lulusan Program Studi Pertambangan di ITM cukup luas. Banyak perusahaan pertambangan di Indonesia yang memerlukan tenaga kerja dengan keahlian Pertambangan. Beberapa pekerjaan yang terbuka bagi lulusan Program Studi Pertambangan di ITM adalah inspektur tambang, ahli geologi, ahli geofisika, inspektur keselamatan tambang, analis data, teknisi mekanik, ahli geokimia, dan manajer tambang. Selain itu, lulusan Program Studi Pertambangan di ITM juga dapat menjadi dosen di berbagai universitas di Indonesia.

Kesimpulan

Program studi Pertambangan di Institut Teknologi Medan (ITM) memberikan mahasiswa peluang untuk mengembangkan keahlian di bidang pertambangan. Program ini mencakup berbagai macam mata kuliah, termasuk geologi, geofisika, geokimia, kehutanan, teknik tambang, manajemen sumber daya alam, dan konservasi. Mahasiswa akan memperoleh gelar Sarjana (S.T) dalam Pertambangan setelah lulus dengan nilai yang memenuhi syarat. Selain itu, program ini juga menyediakan peluang untuk melakukan magang di berbagai perusahaan tambang. Lulusan Program Studi Pertambangan di ITM juga memiliki peluang untuk bekerja sebagai inspektur tambang, ahli geologi, ahli geofisika, ahli geokimia, teknisi mekanik, dan manajer tambang di berbagai perusahaan pertambangan di Indonesia.

Related Articles

Back to top button