Home » komputer » 12 Fungsi Tombol Windows di Keyboard Laptop

12 Fungsi Tombol Windows di Keyboard Laptop

Tombol Windows Logo Key yang terletak di sisi ujung kiri bawah keyboard antara Ctrl atau Fn dan Alt mempunyai banyak kegunaan spesifik bila dikombinasikan dengan tombol lain. Secara keseluruhan, ada 12 fungsi tombol Windows pada keyboard.

Tombol ini dibuat untuk mempermudah pekerjaan saat kamu menggunakan PC atau laptop. Selain itu, ada beberapa kombinasi tombol dengan Windows logo key yang bisa membuat fitur pintasan atau shortcut.

Sehingga, kamu bisa melakukan langkah pengerjaan yang singkat untuk membuka atau pintasan cepat hingga melakukan proses data di komputer atau laptop.

12 Fungsi Tombol Windows pada Laptop

fungsi tombol windows
gambar tombol windows di laptop

Fungsi utama tombol Windows adalah untuk memunculkan start menu, menampilkan berbagai shortcut informasi sistem, hingga pintasan untuk mempercepat pengerjaan di komputer.

Banyak sekali kegunaan tombol Windows pada keyboard jika dikombinasikan dengan tombol lain untuk menampilkan informasi. Berikut 12 fungsi tombol Windows pada keyboard:

1. Membuka Start Menu (Tombol Windows)

fungsi tombol windows
ilustrasi gambar tombol windows untuk membuka start

Jika kamu hanya menekan tombol Windows saja tanpa kombinasi tombol apapun maka akan berfungsi untuk membuka start menu. Biasanya, cara paling mendasar adalah dengan mengarahkan kursor menuju simbol Windows di layar laptop.

Dengan fungsi ini, kamu tidak perlu lagi menggunakan kursor, dan tentu akan berpengaruh pada efisiensi waktu pengerjaan di laptop atau komputer.

Cara lainya yang dapat dilakukan untuk membuka start menu yaitu dengan kombinasi tombol CTRL + ESC (Escape). Ini adalah salah satu cara fungsi tombol keyboard dengan berbagai penggabungan.

2. Menampilkan Menu Help (Windows + F1)

Kombinasi tombol Windows + F1 berfungsi untuk menampilkan menu help apabila kamu mengalami permasalahan sistem, atau butuh bantuan oleh microsoft. Menu tersebut menampilkan opsi support center dari microsoft.

Jika kamu ingin membuka menu help melalui Windows, pastikan juga koneksi internet dalam keadaan tersambung.

Kombinasi tombol tersebut lebih efisien dari pada harus mencari Get help app di program yang tersedia, atau mengetik alamat website support Windows di media browser.

3. Membuka System Properties (Windows + Pause Break)

Menu System Properties yang ada pada perangkat kita berisikan informasi dasar tentang komputer atau laptop, seperti tipe sistem, versi Windows, RAM, prosesor, dan VGA.

Banyak sekali cara untuk membuka sistem properti di laptop maupun komputer, seperti mengetik dxdiag di kolom Windows run atau search, sampai membuka menu setting dan mencari tab “about this computer”.

Kombinasi tombol Windows + Pause Break akan lebih mempermudah kamu untuk memuat tampilan dialog System Properties yang mengarah langsung ke DirectX diagnosis, sehingga tidak perlu banyak langkah untuk membuka menu tersebut.

4. Berfungsi untuk Minimize Program (Windows + D)

fungsi tombol windows
ilustrasi gambar tombol windows untuk minimize

Biasanya, jika ingin minimize program atau tab yang sedang dibuka atau menampilkan kembali isi tab tersebut, kamu harus  mengklik aplikasi satu per satu di menu taskbar.

Ada cara alternatif selain metode di atas, yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + D untuk minimize atau maximize program dan  Windows + , (tanda koma) pada Windows 10 hanya untuk meminimize program selama tombol ditekan.

Sedangkan untuk kombinasi Windows + M bisa digunakan saat minimize program atau aplikasi. Jika akan maximize tab, gunakan kombinasi Windows + shift + M.  

5. Menampilkan Windows Explorer (Windows + E)

Sebenarnya banyak cara untuk membuka Windows explorer. Bisa melalui taskbar, pencarian di cortana, via WinX, mengaktifkan explorer.exe, menjalankan dialog Run, lewat command prompt atau Windows powershell, via task manager, atau menekan start menu.

Cara lain dapat kamu lakukan dengan mengkombinasikan tombol Windows + E pada keyboard, sehingga dapat menghemat waktu pengerjaan.

6. Membuka Pencarian (Windows + CTRL + F)

fungsi tombol windows
ilustrasi gambar fungsi tombol windows

Fitur search telah ada disetiap laptop atau komputer dan berfungsi dalam mencari perangkat dengan cara memasukan data kepemilikan menggunakan internet. Untuk menggunakan fitur ini, gunakan kombinasi tombol Windows + CTRL + F.

7. Menampilkan Kotak Run (Windows + R)

Windows Run atau Run box adalah salah satu fitur dasar Windows yang berfungsi untuk mengakses dokumen, pengaturan, program, dan utilitas. 

Berbagai cara dapat kamu lakukan untuk membuka Windows run, melalui menu search di taskbar atau file explorer, hingga membuka folder file satu persatu di local disk C.

Cara alternatif yang dapat mengefisiensi waktu yaitu memakai kombinasi tombol Windows + R dan tunggu beberapa detik hingga muncul tab Windows run.

8. Kunci layar & Switch User (Windows + L)

tombol windows
ilustrasi gambar tombol windows

Fitur Switch user digunakan untuk pergantian pengguna komputer atau laptop tanpa menutup aplikasi di dalamnya, fitur ini dapat memudahkan kamu saat menggunakan 2 akun sekaligus dalam satu perangkat. 

Cara standar untuk switch user adalah melalui start menu dan klik user untuk melakukan sign out. Namun, ada metode lain yaitu menggunakan kombinasi Windows + L (Logout) pada keyboard sehingga dapat mempercepat proses pergantian akun.

Sedangkan kombinasi untuk pengguna Mac OS dapat dilakukan dengan cara Command + CTRL + Q untuk proses switch user.

9. Membuka kaca Pembesar Magnifier (Windows + ( + / – ))

Magnifier adalah salah satu fitur untuk memperbesar objek di layar monitor. Cara umum dalam mengaktifkan fungsi ini adalah dengan mengetik “Magnifier” di Windows Run atau di kolom search.

Namun, ada cara lain yang bisa kamu gunakan yaitu kombinasi tombol Windows + ( + / – ). Untuk menonaktifkan cukup tekan tombol Windows + ESC, atau klik X / close di sudut tab program..

10. Split Screen (Windows + < / > atau ↑ ↓ → ←)

fungsi windows
Ilustrasi tombol windows untuk split layar laptop

Split Screen merupakan fitur yang sering digunakan oleh para user komputer atau laptop, karena dapat membantu proses controling pada masing-masing tab yang dibuka tanpa harus klik satu per satu di menu taskbar.

Cara paling umum yaitu dengan menyeret/drag size tab disetiap sisinya sehingga akan berubah luasan, atau letak program di layar. Namun, hal ini membutuhkan waktu lama agar setiap ukuran kotak sesuai yang diinginkan.

Cara lain nya adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + < / > atau ↑ ↓ → ← untuk mempercepat proses mengatur luasan setiap tab program.

11. Screenshot (Windows + SHIFT + S)

Screenshot adalah Fitur Windows yang berfungsi menangkap layar dari tampilan desktop di komputer atau laptop. Fungsi ini sangat penting bagi beberapa orang dalam mengumpulkan data dokumentasi, atau sekedar sebagai referensi di kemudian hari.

Cara mengaktifkan screenshot pun sangat beragam, mulai dari membuka aplikasi snipping tools atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Langkah alternatif yang dapat mempersingkat waktu pengerjaan, yaitu dengan cara tekan tombol Windows + SHIFT + S dan langsung drag bagian yang ingin diambil. Tombol lainnya adalah Windows + PrtScr (Print screen) atau Fn + PrtScr.

12. Asisten Pribadi (Windows + C)

tombol windows

Berbagai aplikasi asisten pribadi ada di setiap sistem operasi perangkat komputer atau laptop, salah satunya Microsoft cortana yang telah dikembangkan untuk OS Windows 8.1 dan Windows 10.

Pada sebagian perangkat laptop atau komputer yang telah dilakukan update sistem, akan muncul fitur cortana di menu taskbar. Meski begitu, bagi piranti yang belum melakukan pembaharuan, fungsi ini harus diaktifkan melalui beberapa cara.

Cara paling standar yaitu dengan mengetik “cortana” di opsi search pada menu taskbar, atau di menu start dan scroll program cortana (Windows 10). Namun, ada juga cara alternatif, yaitu dengan menekan Windows + C. Aplikasi asisten pribadi pun akan muncul.

Penutup

Demikian tips mengaktifkan beberapa fungsi tombol Windows serta kombinasinya yang dapat membantu kamu agar proses pengerjaan lebih efektif.

Banyak cara lain yang dapat dilakukan sesuai dengan kebiasaan dalam menggunakan metode alternatif tersebut. Jadi, silahkan sesuaikan dengan kebutuhanmu, ya.

Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment