Home » game » mobile legends » 19 Counter Hero ML Terbaik untuk Digunakan

19 Counter Hero ML Terbaik untuk Digunakan

Untuk bisa memenangkan permainan tentunya ada strategi dong. Sama halnya dalam game Mobile Legends, dengan mengetahui counter hero ML ini kamu bisa akan lebih mudah melawan musuh.

Sebenarnya apa itu conter hero ML? Counter hero ML sederhananya adalah skill spesifik yang biasanya digunakan untuk melawan hero tertentu.

Pada ulasan kali ini, kami juga memberikan sedikit tips pada masing-masing hero beserta informasi singkat keunggulan hero tersebut. Jadi simak sampai tuntas ya!

6 Karakteristik Hero Mobile Legends

nama nama hero mobile legend lengkap

Ada 6 karakteristik hero Mobile Legends yang tersedia di Mobile Legends. Dari masing-masing jenis karakter jumlahnya pun cukup banyak dan telah terhitung sebanyak 100 model hero.

1. Marksman 

Hero yang mempunyai karakteristik marksman memiliki jarak serangan yang jauh dan memberikan physical damage yang besar. Jenis ini cocok digunakan sebagai andalan tim dalam membunuh lawan. Namun mereka memiliki hit point yang rendah.

2. Tank

Sebagai hero tank, mereka memiliki Hit Point dan kemampuan defense yang tinggi. Tugas utama mereka untuk melindungi tim.

3. Mage

Kemampuan yang mereka andalkan adalah serangan skill dan biasanya memiliki jarak serang yang jauh. Kemampuan magic damage mereka sangat besar hampir sama seperti marksman.

4. Fighter 

Termasuk jenis hero dengan gaya bermain jarak dekat, yang dapat memberikan damage besar dan memiliki Hit Point besar. Namun kecepatan bergerak jenis hero ini sangat lambat

5. Support

Jenis hero ini bertugas untuk menjaga tim. Mereka tidak memiliki kemampuan serangan yang baik, namun mampu melakukan comeback bagi timnya, seperti dalam memindahkan hero ke tempat aman atau menghilangkan efek serangan dari lawan.

6. Assassin

Assassin dinilai sebagai hero yang lincah dan mampu memberikan serangan jarak dekat dan cepat. Namun, mereka memiliki Hit Point rendah, dan kelemahan mereka dilengkapi dengan kemampuan mereka untuk kabur pada situasi yang mendesak.

19 Counter Hero Mobile Legends

1. Esmeralda

Esmeralda adalah seorang Hero yang dikisahkan tinggal di Western Desert. Ia ditugaskan sebagai Astrolog yang menjaga Starmoon Casket untuk membuka kekuatan misterius di zaman kuno.

Ia memiliki kekuatan double damage dan mampu merubah shield menjadi hit point. Musuh yang menggunakan Spell Aegis maka tidak akan berpengaruh untuk Esmeralda.

Tips pro. Selalu aktifkan skill Frostmoon Shield, agar Esmeralda mendapatkan tameng serta mempunyai durability tinggi. Jika target tidak memiliki skill stun maka Esmeralda dapat langsung open war dengan mengaktifkan skill ultimate untuk mengunci gerakan lawan.

2. Benedetta

Salah satu hero degan tipe role assassin yang sangat kuat, memiliki damage yang tinggi, dan semua skill yang dimilikinya mampu memberikan efek blink.

Beberapa kelebihan lainnya adalah memiliki burst damage tinggi, imun yang baik, skill Escape Mechanism efektif, gameplay serangan cepat. Menariknya Benedetta termasuk hero gratisan.

Tips pro. Jangan ragu untuk bermain secara aktif karena karakter ini memiliki ketahanan terhadap damage dan skill crowd control, sehingga Benedetta sangat sulit untuk dibunuh

3. Chou

Chou termasuk jenis hero Fighter yang memiliki Hit point tebal dan dapat bermain secara acak dari early hingga late game.

Ia juga memiliki mobilitas yang cepat dan baik, skill crowd control, bisa mengcounter banyak lawan dan sangat fleksible untuk pemula.

Tips pro. Pastikan memilih build yang tepat dan juga gerakan Chou cepat dan gesit saat war, namun jangan gunakan sebagian besar skill jika melawan hero tank. Terakhir gunakan combo skill dengan benar.

4. Zilong

Zilong menjadi salah satu hero Fighter atau Assassin paling mematikan di ML. Ia memiliki kemampuan bertarung di early dan late game. Ia terkenal sebagai karakter yang mudah dimainkan serta cooldown yang cepat.

Hati-hati saat menggunakan Zilong dan melawan jenis hero yang sama, karena ia akan sedikit lemah. Cobalah dan buktikan apakah hero ini benar-benar mudah dimainkan.

Tips pro. Susunlah build yang tepat agar Zilong menjadi hero overpowered. Perbanyak farming dan kalahkan monster jungle serta buff-nya, fokus hancurkan turret lane hingga hancur.

5. Saber

Saber diciptakan dari rekayasa genetik dan dibuat oleh ilmuwan yang jahat dengan cara mencampurkan DNA yang unggul dari ratusan ras. Hero ini berjenis Assassin dan memiliki skill andalan Triple Sweep dengan damage yang cukup besar.

Hero ini juga dikenal memiliki jangkauan yang jauh namun kecepatan serang yang lambat. Selain itu ia memiliki kekurangan lain yaitu tidak mempunyai crowd control dan kemampuan lifesteal yang rendah.

Tips pro. Gunakan Lane jungle untuk hero Saber. Fokus untuk mengumpulkan gold dengan cara farming, hancurkan turret, serta jangan sekali-kali open war saat pertengahan game. Gunakan momen yang tepat untuk menggunakan skill ultimate.

6. Eudora

Eudora merupakan salah satu hero Mage yang cukup kuat, dan dapat memberikan efek stun yang sangat lama terutama untuk hero Assassin. Ia adalah seorang penyihir berbakat.

Namun hero ini sangat bergantung pada skill pasif dan control effect yang rendah. Meski begitu ia mampu membunuh musuh sendirian karena memiliki jangkauan serang yang jauh.

Tips pro. Jika kamu berperan midlaner, fokus untuk menaikan level hingga level 4, dan lindungi turret serta support hero yang sedang war. Jika sebagai roamer maka fokus utamanya, lindungi hero core dan support semua tim yang sedang bertarung, jangan sampai Eudora menjadi hero offlaner

7. Sun

Sun termasuk hero role fighter yang kuat, karakter yang lebih unggul dan overpowered di sesi late game. Hero ini tidak mempunyai damage yang cukup besar serta skill blink, efeknya sangat mudah di lock oleh lawan.

Hero Sun terkenal memiliki durabilitas tinggi, damage besar dan cocok sebagai melee. Meski begitu ada beberapa kekurangannya misalnya sulit untuk me-lock target, speed movement rendah dan tidak mempunyai skill escape mechanism.

Tips pro. Gunakan build yang tepat untuk hero sun, dengan susunan: swift Boots, Corrosion Scythe, Demon Hunter Sword, Endless battle lalu Athena’s Shield. Kombinasikan emblem dan Battle Spel. Emblem untuk memperkuat damage di early game, sedangkan Battle Spell digunakan saat posisi terdesak saja.

8. Dyrroth

Salah satu hero Fighter yang populer di Mobile Legends yang memiliki damage besar, skill blink, dan skill crowd control adalah Dyrroth, seorang pangeran dari Moniyan Empire. 

Kelebihan dan kekurangan counter hero ML Dyroth adalah burst damage besar, durabilitas kuat. Namun sulit untuk me-lock target dan tidak mempunyai crowd control.

Tips pro. Pakai kombinasi build yang pas sehingga menjadikan hero ini overpowered. Perhatikan teknik bermain yang diinginkan hero ini dengan cara gunakan jalur Exp Lane untuk mempunyai ruang farming, lindungi dan hancurkan turret lawan. Pakai combo skill dengan cara kunci sasaran lawan menggunakan skill dua, lalu skill satu untuk memberi efek slow dan terakhir skill ultimate untuk membunuh lawan.

9. Paquito

Paquito merupakan salah satu hero Fighter yang sering digunakan saat mode rank, juga hero yang sering di-ban karena terlalu overpowered. Ia berasal dari suatu daerah kecil di bagian barat daya Moniyan Empire.

Selain memiliki serangan yang variatif, Paquito juga mempunyai damage besar dan skill blink. Hanya tetap membutuhkan ketelitian saat melakukan serangan karena Crowd Control, lifesteal dan kapasitas darah juga rendah.

Tips pro. Gunakan build yang tepat agar sulit dibunuh. Gunakan skill di setiap sesi game, Paquito mempunyai damage yang besar di sesi early game. Jangan ragu untuk melakukan open war saat stack Paquito berjumlah dua. Lakukan combo skill terbaik dengan mengejar target dengan skill heavy left punch lalu skill jab ditambah basic attack, dan terakhir gunakan skill ultimate sebanyak 2x.

10. Kaja

Kaja termasuk hero dua role yaitu Fighter dan Support. Karakter ini kuat di sesi early maupun late game karena memiliki item magic. Salah satu hero yang ditakuti oleh semua Assassin karena mempunyai skill crowd control yang sangat mengerikan.

Hero kaja sangat cocok di early game dan tidak cocok di late game. Namun jika salah menentukan tipe hero dapat berakibat fatal.

Tips pro. Selalu gunakan kombinasi build yang tepat apabila ingin menang dalam war. Teknik bermain di setiap sesi early atau sesi late bertugas untuk melindungi hero core, membantu tim yang sedang dikepung, lakukan farming di sesi early game.

11. Badang

Badang adalah jenis hero Fighter di Mobile Legends, hero ini mempunyai damage dan durability yang besar di sesi late game. Ia memiliki skill crowd Control yang jarang ditemukan di jenis hero Fighter, serta dapat menjadi Offlaner dalam tim.

Hero ini memiliki tingkat durability yang baik, damage besar dan fleksibel saat dimainkan. Namun penggunaan Badang sangat bergantung pada skill.

Tips pro.Tidak disarankan open war di sesi early game. Pastikan target yang akan diserang tidak memiliki skill blink, dan incar lock hero yang mempunyai durabilitas paling rendah. Penggunaan build sangat penting, karena akan mempengaruhi performa badang saat farming atau war.

12. Khufra

Khufra adalah seorang penguasa kejam yang berniat menguasai negeri Western Desert bersama pasukannya: Arnak. Namun, ditengah perjalanan mereka dicegat oleh pasukan dari Monyan Empire. Karena kalah, Kufra mencari pertolongan dari orang yang lebih kuat.

Dikenal sebagai hero yang dapat men-counter semua musuh dan dapat melakukan ganking. Bahkan ia memiliki defense yang tebal dan damage yang tinggi.

Tips pro. Atur build Khufra terlebih dahulu berikut susunan build-nya yaitu Warrior Boots, Cursed Helmet, Antique Cuirass, Immortality dan Queen’s Wings. Saat early game, hero ini berfungsi sebagai open war, membantu, melindungi hero core.

13. Franco

Franco masih tergolong kategori hero Tank paling menakutkan. Karakter ini mempunyai Crowd Control yang mampu menaklukan lawan. dibutuhkan kecepatan tangan untuk menggunakan skill-nya.

Sangat cocok untuk ganking karena didukung crowd control tinggi, movement speed cepat dan hit point regen yang baik. Bahkan ia memiliki combo skill dengan kemampuan ganas.

Tips pro. Gunakan build franco yang sesuai, sebagai berikut Courage Mask, Rapid Boots, Immortality, Dominance Ice, Athena’s shield dan Blade Armor. Ketika sesi late game, kamu diwajibkan bermain agresif, karena hero termasuk tank yang sangat kuat, dan mempunyai crowd control.

14. Jawhead

Jawhead termasuk hero Fighter paling mematikan, tapi sebagian besar pemain sering menggunakannya sebagai tanker karena ia memiliki skill crowd control dan durabilitas tinggi. Cerita Jawhead bermula di sekitar Land of Dawn, yaitu Dawn Council.

Selain memiliki gerakan dan durabilitas yang baik, ia juga dibekali combo skill yang penting untuk diperhatikan.

Tips pro. Bermain agresif dan gunakan skill dua untuk bermain secara brutal. Bantu dan lindungi hero core saat farming maupun war, kurangi push turret ataupun roaming. Harus rela mati untuk melindungi hero core, dengan tujuan hero core dapat carrying tim.

15. Ling

Counter hero ML berikutnya adalah Ling yang termasuk jenis hero Assassin, memiliki spesialis chasebrust dan skill blink yang cukup banyak. Karakteristik utamanya dapat melakukan roaming ke atas dan kebawah.

Saat sesi early game, lakukan farming dan bunuh semua monster jungle dan turtle hingga mendapatkan item core adalah Demon Hunter Sword. Di sesi late game, Ling harus bermain objektif dan lakukan serangan gangking untuk membunuh lawan.

Tips pro. Susun build dengan benar. Karena Ling termasuk hero core Langkah pertama yaitu habisi semua minion di mid lane dengan basic attack. Setelah itu beli item jungle level 1 dan ambil buff biru. Bunuh hero core yang sedang war dan hindari hero tank.

16. Hanzo

Hanzo masih dalam kategori hero assassin yang cukup ditakuti. Namun, kamu harus mengetahui semua skill-nya, karena ketiga skill Hanzo tidak memberikan damage yang besar. Hanzo berasal dari salah satu faksi Ninja House of Akkage.

Counter hero ML Hanzo memiliki burst damage yang besar dan kemampuan serangan jarak jauh. Sehingga cocok di sesi early game dan late game.

Tips pro. Gunakan susunan build yang tepat. Walau Hanzo termasuk hero yang lambat pada sesi early game, namun jangan khawatir. Kamu hanya membutuhkan pengaturan emblem dan battle spell yaitu 3 poin untuk agility, 3 point invasion, 1 poin untuk bounty hunter.

17. Selena

Hero ini merupakan salah satu hero yang mempunyai banyak kelebihan, mempunyai damage besar di early dan late game, dan hero ini mempunyai durabilitas serta skill blink yang tinggi.

Selena memberikan efek stun berdurasi paling lama dan combo skill yang mematikan. Ia sangat kuat digunakan dalam early game dan cocok sebagai support.

Tips pro. Buat susunan build sebagus mungkin untuk selena. Pilih lane yang tepat karena selena merupakan hero assassin mage. Gunakan combo skill yang tepat.

18. Gusion

Salah satu hero Assasin paling sering digunakan di game Mobile Legends. Gusion mempunyai damage besar di sesi early game, karena Gusion menggunakan item mage yang dapat memberi damage magical.

Saat menggunakan Gusion gunakan build yang sesuai dengan gusion yaitu Star Shard, Arcane Boots, Calamity Reaper, Holy Crystal, Fleeting Time dan Winter truncheon.

Tips pro. Maksimalkan permainan gusion pada sesi early game. Lakukan kegiatan roaming setelah level 4. Hindari penyerangan terhadap musuh yang mempunyai skill stun, serang hero dengan durabilitas rendah.

19. Helcurt

Hero ML yang terakhir adalah Helcurt. Salah satu hero assassin yang mempunyai burst damage besar dan kuat ini sering kena ban saat bermain ranked.

Helcurt menjadi satu-satunya yang tersisa dari ras Land of Dawn yang memperoleh kekuatan dengan cara mengorbankan jiwa kepada para Abyss.

Tips pro. Jangan pernah lakukan open war dan open map, karena hero ini mempunya durabilitas rendah. Teknik saat early game, fokus bermain di mid lane membersihkan minion, kemudian ambil buff biru dan merah. Lalu prioritaskan level 4. Pada level 4, mulai lakukan roaming dan bantu tim yang sedang war.

Penutup

Dalam bermain Mobile Legends, penting mengetahui kelebihan dan kekurangan setiap hero agar dapat bermain dengan optimal. Semoga ulasan counter hero ML di atas bisa membuat kamu bisa memahami masing-masing karakter di ML.

Teruslah berlatih untuk bisa menjadi pro player agar bisa menghasilkan keuntungan dari bermain game Mobile Legends ini.

5/5 - (21 votes)

Leave a Comment