Kisah Pengangguran Terselubung Di Indonesia Tahun 2023

Contoh Pengangguran Konjungtur Dunia Sosial
Contoh Pengangguran Konjungtur Dunia Sosial from duniasosial.com

Pengangguran merupakan salah satu permasalahan sosial yang tidak bisa diabaikan. Di Indonesia, pengangguran terselubung adalah kondisi ketika orang yang tidak punya pekerjaan aktif secara terbuka, namun ia masih memiliki pekerjaan yang tidak dibayar. Di tahun 2023, masalah pengangguran terselubung masih menjadi permasalahan akut yang harus diselesaikan. Berikut kisah menarik tentang pengangguran terselubung yang terjadi di Indonesia tahun 2023.

Ketika Orang Tidak Bisa Menemukan Pekerjaan

Mencari pekerjaan adalah hal yang sulit dilakukan, bahkan di tahun 2023. Dalam situasi seperti ini, orang-orang yang tidak bisa menemukan pekerjaan pun akhirnya terpaksa menjadi pekerja tidak berbayar. Dari kalangan masyarakat yang kurang mampu, keluarga dengan anggota yang banyak ataupun lulusan baru yang tidak bisa menemukan pekerjaan yang cocok, tidak jarang banyak yang menjadi pengangguran terselubung.

Kemiskinan Akibat Pengangguran Terselubung

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Badan Pusat Statistik, pengangguran terselubung menyebabkan jumlah kemiskinan di Indonesia meningkat. Hal ini dikarenakan pendapatan yang didapatkan dari pekerjaan yang tidak dibayar tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jumlah penduduk miskin di Indonesia diperkirakan akan meningkat dan membuat beban pemerintah semakin berat untuk menyelesaikan masalah pengangguran terselubung.

Kemungkinan Kerja Sampingan

Meskipun menjadi pekerja tidak berbayar adalah salah satu cara untuk menghindari pengangguran terselubung, orang-orang yang berada dalam kondisi seperti ini masih memiliki beberapa pilihan lain. Salah satunya adalah dengan mencari pekerjaan sampingan yang bisa memberikan penghasilan tambahan. Tidak sedikit orang yang berhasil meningkatkan pendapatan mereka dengan bekerja sebagai pengantar makanan ataupun menjadi driver online di tahun 2023.

Peran Pemerintah

Pemerintah Indonesia melakukan berbagai upaya untuk mengurangi tingkat pengangguran terselubung di Indonesia. Salah satunya adalah dengan memberikan pendidikan dan pelatihan keterampilan kepada para pengangguran terselubung. Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan peluang usaha kepada para pengangguran untuk membuka usaha baru yang bisa meningkatkan taraf hidup mereka.

Pengalaman Pribadi

Kami juga berbicara dengan beberapa orang yang pernah menjadi pengangguran terselubung. Dari kisahnya, kami mendapat beberapa pelajaran berharga yang bisa dipetik. Salah satunya adalah bahwa tidak ada yang mustahil jika kita mau berusaha. Meskipun orang-orang tersebut mengalami masalah keuangan dan tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang layak, mereka berhasil menemukan jalan keluar dengan bekerja keras dan berusaha meningkatkan keterampilan mereka.

Kampanye Sosial

Kampanye sosial juga banyak dilakukan di Indonesia untuk meningkatkan kesadaran tentang pengangguran terselubung. Kampanye ini berusaha untuk meningkatkan pengetahuan orang-orang tentang pengangguran terselubung dan mengajak mereka untuk membantu orang yang berada dalam kondisi seperti ini. Hal ini juga berusaha untuk mengurangi stigma yang melekat pada pengangguran terselubung dan mencerahkan harapan mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

Solusi untuk Masalah Pengangguran Terselubung

Untuk menangani masalah pengangguran terselubung di Indonesia, pemerintah dan masyarakat harus bekerjasama. Pemerintah harus meningkatkan peluang kerja dengan memberikan bantuan pendidikan dan pelatihan keterampilan kepada para pengangguran terselubung. Sementara itu, masyarakat juga harus berperan dalam mengurangi stigma yang melekat pada pengangguran terselubung dan berusaha untuk memberikan bantuan untuk membantu para pengangguran terselubung.

Kesimpulan

Pengangguran terselubung merupakan salah satu masalah sosial yang tidak bisa diabaikan. Di Indonesia, masalah ini masih menjadi permasalahan akut yang harus diselesaikan. Pemerintah dan masyarakat harus bekerjasama untuk menangani masalah ini. Pemerintah harus memberikan bantuan pendidikan dan pelatihan keterampilan kepada para pengangguran terselubung, sedangkan masyarakat harus berperan dalam mengurangi stigma yang melekat pada pengangguran terselubung.

Related Articles

Back to top button