Pengertian Pengangguran Terbuka Di Indonesia

Data Pengangguran Di Indonesia Tahun 2015
Data Pengangguran Di Indonesia Tahun 2015 from berbagidatapenting.blogspot.com

Pengangguran terbuka adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan jumlah orang yang mencari pekerjaan, namun tidak mendapatkannya. Di Indonesia, pengangguran terbuka adalah sejumlah orang yang mencari pekerjaan melalui cara tradisional, seperti pergi ke kantor pengembangan karier, mengunjungi bursa kerja, menghubungi teman dan keluarga, mencari iklan pekerjaan, dll. Ketika orang mencari pekerjaan, mereka dapat disebut sebagai penganggur terbuka. Di Indonesia, pengangguran terbuka dapat didefinisikan sebagai orang yang mencari pekerjaan dengan cara yang diakui secara resmi, namun tidak berhasil mendapatkan pekerjaan.

Tingkat Pengangguran Terbuka di Indonesia

Di Indonesia, tingkat pengangguran terbuka pada tahun 2020 adalah 5,5%. Ini meningkat dari 4,9% pada tahun 2019. Sebagian besar peningkatan ini disebabkan oleh pandemi Covid-19, yang telah menyebabkan banyak perusahaan menutup dan memecat karyawan. Ini menyebabkan banyak orang yang mencari pekerjaan tidak dapat menemukannya. Namun, tingkat pengangguran terbuka di Indonesia masih lebih rendah daripada rata-rata global, yang mencapai 8,4%.

Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengangguran Terbuka di Indonesia

Di Indonesia, ada berbagai faktor yang mempengaruhi tingkat pengangguran terbuka. Salah satu faktor yang paling penting adalah tingkat pertumbuhan ekonomi. Jika pertumbuhan ekonomi tinggi, biasanya akan meningkatkan jumlah lapangan kerja. Namun, jika pertumbuhan ekonomi rendah, biasanya akan mengurangi jumlah lapangan kerja. Oleh karena itu, jika tingkat pertumbuhan ekonomi rendah, tingkat pengangguran terbuka akan lebih tinggi. Selain itu, faktor lain yang mempengaruhi tingkat pengangguran terbuka di Indonesia adalah tingkat pendidikan, kualitas pelatihan, tingkat kemiskinan, dan struktur pasar kerja.

Cara Mengurangi Tingkat Pengangguran Terbuka di Indonesia

Di Indonesia, ada beberapa cara untuk mengurangi tingkat pengangguran terbuka. Pertama, pemerintah harus meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui berbagai program yang dirancang untuk membantu industri dan membuka lebih banyak lapangan kerja. Kedua, pemerintah harus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan agar lebih banyak orang dapat bersaing di pasar kerja saat ini. Ketiga, pemerintah harus menyediakan bantuan keuangan dan pelatihan untuk orang-orang yang berada dalam kondisi tidak mampu. Keempat, pemerintah harus melakukan penilaian ulang terhadap struktur pasar kerja dan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Kesimpulan

Pengangguran terbuka di Indonesia meningkat pada tahun 2020 karena pandemi Covid-19. Faktor yang mempengaruhi tingkat pengangguran terbuka di Indonesia adalah tingkat pertumbuhan ekonomi, tingkat pendidikan, kualitas pelatihan, tingkat kemiskinan, dan struktur pasar kerja. Untuk mengurangi tingkat pengangguran terbuka di Indonesia, pemerintah harus meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan, memberikan bantuan keuangan dan pelatihan, dan melakukan penilaian ulang terhadap struktur pasar kerja dan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Related Articles

Back to top button