Home » media sosial » instagram » Cara Swipe Up Instagram Tanpa 10K

Cara Swipe Up Instagram Tanpa 10K

Apakah kamu lagi penasaran dengan cara swipe up Instagram? Kamu berada di tempat yang tepat. Kali ini jurnaltekno.id mengulas beberapa cara yang bisa kamu coba agar bisa swipe up.

Tapi kenapa sih, swipe up is such a big deal? Instagram saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang. Tidak tanggung-tanggung, rasanya bahkan aneh kalau sehari saja tidak membukanya.

Trend swipe up membuat dunia per-Instagram-an makin ramai. Sama halnya feed Instagram, sampul sorotan dan efek instagram. Untuk bisa melakukan swipe up ada syarat khusus, simak ulasan berikut.

Cara Swipe Up Instagram

Swipe Up Artinya

Apa sebenarnya arti swipe up Instagram? Swipe up adalah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menggeser layar ke atas menuju halaman tertentu. Dimana website ini sudah diatur oleh pemilik akunnya.

Keberadaan fitur ini membantu meningkatkan traffic kunjungan pada website tersebut. Apabila pebisnis online dan menggunakan Instagram sebagai salah satu platform-nya, maka fitur ini harus kamu manfaatkan sebaik mungkin.

Kenapa Swipe Up Penting?

Seperti yang sudah disinggung di atas, Instagram sudah menjadi salah satu platform untuk berbagi kehidupan sosial dan bisnis. 

Para pebisnis sangat sadar bahwa swipe up ini membantu meningkatkan Followers dan membuat orang mengunjungi situs mereka. 

Oleh karena itu, apabila kamu qualified untuk mendapatkan fitur ini, maka manfaatkanlah sebaik-baiknya. Ini akan membawa banyak keuntungan untuk bisnismu.

Syarat dan Cara Membuat Swipe Up di IG

cara swipe up instagram

Namun ketika awal fitur ini muncul, Instagram sudah memberikan klaim bahwa tidak semua pengguna bisa menikmati fitur ini. Ada serangkaian syarat yang harus dipenuhi oleh seorang pemilik akun.

Apabila kamu mau mengaktifkan fitur ini, kamu harus mendaftarkan akun Instagram Bisnis yang aktif. Selain itu, kamu harus memiliki setidaknya 10.000 Followers.

Apabila di tahun 2021 ini pengikut akun bisnis mu masih kurang dari 10.000, maka kamu bisa mengusahakan agar akunmu mendapatkan centang biru.  Meskipun tidak mudah, cara ini masih bisa kamu usahakan.

Cara Menggunakan Swipe Up

Apakah kamu sudah memenuhi syarat untuk memanfaatkan fitur swipe up? Jika ya, kamu bisa mencoba langkah-langkah yang akan dijabarkan di bawah ini.

  • Karena fitur swipe up hanya tersedia di Story, maka kamu harus masuk ke Instagram Story.
  • Pilih konten yang ingin kamu posting di Story.
  • Kemudian, setelah kamu masuk ke tahapan pengaturan, klik ikon rantai yang ada di kanan atas Story kamu.
  • Setelahnya, pilih +URL dan ketikkan tautan yang mau kamu bagikan ketika orang menggeser layar mereka.
  • Kemudian, ketuk Done yang ada di pojok kanan atas.
  • Selesai. Insta Story kamu sudah mengudara lengkap dengan fitur swipe up yang keren itu.

Mudah, kan, cara bikin swipe up di Insta Story? Dengan begini kamu akan lebih mudah mengarahkan pengunjung porfilmu ke halaman yang kamu tuju. Ingat, kamu harus menempatkan Call to Action yang tepat.

Cara Bikin Swipe Up di Instagram Tanpa 10K

cara swipe up instagram

Bukankah salah satu syarat bikin swipe up adalah punya 10.000 Followers? Ya, benar. Tapi ada satu cara unik yang bisa kamu coba untuk iseng-iseng punya swipe up.

Perlu diingat, cara ini jauh berbeda dari cara untuk akun centang biru maupun yang sudah punya lebih dari 10K Followers. Begini caranya bikin swipe up tanpa 10K pengikut.

  • Kamu harus membuat IGTV, tidak hanya Story biasa. 
  • Lalu, IGTV yang kamu buat ini bisa hanya 15 detik atau 1 jam.
  • Setelah kamu selesai membuat IGTV, kamu bisa mengisi caption dan link di IG yang ingin kamu masukkan.
  • Kemudian, apabila semua sudah selesai, kamu bisa ketuk bagian bawah kotak deskripsi. Ketika kamu klik link tersebut, kamu akan dialihkan ke halamannya.
  • Setelah semua sesuai keinginan, kamu bisa membuat Story. Di bagian atas Story ada ikon rantai yang bisa kamu ketuk. Di sini kamu hanya bisa menghubungkannya dengan IGTV yang kamu sudah siapkan tadi.
  • Kemudian, kamu tinggal upload Story. Tombol Swipe Up hanya bisa dilihat oleh akun teman-temanmu, ya.

Swipe Up Instagram dan Akun Bisnis

Bagaimana Cara Mengubah Akun Menjadi Profil Bisnis?

Sbelumnya kamu harus mengubah akunmu menjadi profil bisnis untuk menggunakan fitur swipe up. Tapi bagaimanakah caranya? Berikut langkah-langkahnya.

  • Masuk ke profil Instagram kamu, lalu klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas layar.
  • Kemudian, geser layar ke bawah hingga kamu menemukan pilihan Switch to Business Account. Setelahnya, klik Next.
  • Sebagai akun bisnis, kamu harus menghubungkan akunmu ini dengan Facebook, lalu pilih kategori yang kamu mau.
  • Kemudian, pilih Next dan kamu akan masuk ke halaman konfirmasi. Konfirmasi ini seperti Terms of Service dan kamu tinggal klik Finish apabila semua informasi sudah sesuai.
  • Selesai. Profil Instagram kamu sudah menjadi akun bisnis sekarang.

Mengubah akun Instagram menjadi Business Profile sangat penting untuk kamu yang punya usaha. Selain menunjukkan identitasmu, kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur marketing yang ada di Instagram dan Facebook.

Setelah Followers berhasil ditingkatkan dan kamu bisa menggunakan fitur swipe up, kamu bisa fokus jualan sambil menaikkan traffic ke website.

Manfaat Membuat Akun Bisnis Instagram

Mengalihkan akunmu menjadi akun bisnis bukan sesuatu yang tidak ada fungsinya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada berbagai keuntungan yang akan membantu bisnis kamu.

1. Mengakses Instagram Insights

Sebagai penjual, kamu perlu tahu insights dan engagement dari konten yang kamu upload. Kamu hanya bisa mengakses fitur ini apabila akunmu berstatus Business Profile. 

Dari sini juga kamu akan mengetahui peta audiens produk atau jasa yang kamu tawarkan. Menarik, kan?

2. Ada Tombol Kontak

Bisnis akan tumbuh apabila kamu memberikan alamat yang tepat. Dengan Instagram Bisnis, kamu bisa meletakkan tombol kontak berupa email, ponsel, dan lokasi. 

Kamu bisa memilih salah satunya, lho. Selain itu, ada juga kategori bisnis yang muncul di profil kamu. Seru, kan?

3. Bisa Swipe Up

Yang terpenting adalah kamu bisa mengaktifkan fitur swipe up di Insta Story kamu. Memang, kamu masih harus memenuhi 10K Followers. Namun setidaknya dengan mengubah akun menjadi Profil Bisnis, kamu sudah memenuhi satu syarat.

Penutup

Memang tidak mudah untuk mendapatkan fitur swipe up, apalagi kalau belum punya networking yang kuat. Tidak heran para selebritis, influencers, dan selebgram memanfaatkan pamor mereka untuk mendapatkan fitur ini. 

Pada akhirnya, segala hal yang ada di media sosial semata-mata bisnis belaka. Nah, kalau kamu memang punya bisnis, jangan bosan untuk fokus ke penjualan dan membangun branding di media sosial. 

Segera ubah profil Instagram kamu menjadi akun bisnis dan tingkatkan Followers kamu. Setelahnya, kamu bisa mengikut rangkaian cara swipe up Instagram.

Fitur menarik dan tutorial Instagram lainnya

Rate this post

Leave a Comment