3 Cara Scan Barcode di HP Sendiri

Secara sederhana, barcode bisa diartikan sebagai kode batang dengan bentuk garis yang bisa dibaca oleh mesin. Cara scan barcode bisa dengan berbagai macam, dengan barcode scanner atau aplikasi scan barcode di smartphone.

Biasanya barcode terpasang pada produk retail yang sering kamu jumpai saat berbelanja di pusat perbelanjaan. Lalu kasir akan memindai pada produk yang kamu beli dengan barcode scanner.

Selain menggunakan barcode scanner, kamu juga bisa memindai barcode dengan aplikasi di smartphone. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini. 

Apa itu Barcode?

cara scan barcode di hp sendiri

Seperti yang dijelaskan diatas, barcode adalah kode batang berbentuk garis atau bar yang mampu dibaca oleh mesin pemindai. Di dalamnya berisi seluruh informasi terkait data produk atau barang. Kamu bisa melihat bentuk barcode pada berbagai macam produk.

Misalnya produk pangan, buku, obat-obatan, dan lain sebagainya. Biasanya informasi yang tersimpan berupa tanggal kadaluarsa produk, kode produksi, dan juga nomor identitas produk. 

Alasan digunakannya barcode adalah agar mudah dalam menginput data. Data yang diinput juga lebih cepat, lebih akurat, dan lebih efisien dibandingkan dengan cara manual.

Perbedaan Barcode dengan QR COde

Walau masih berupa konfigurasi kode, barcode dan QR Code sebenarnya memiliki perbedaan dari segi bentuk dan penggunaannya. QR Code merupakan bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi.

Berdasarkan penggunaannya barcode lebih banyak digunakan untuk mengurutkan produk berdasarkan jenis, nilai, atau harga. Sedangkan, QR Code sebagai penghubung konten daring dan konten luring.

QR Code dapat menyimpan URL, nomor telepon, dan teks yang bisa digunakan pada iklan, surat harian, kartu nama, atau pun media lainnya. Dibandingkan barcode, QR Code lebih mudah dibaca oleh pemindai.

Cara Scan Barcode di HP sendiri

cara scan barcode di hp sendiri

Beberapa HP atau smartphone terbaru memiliki fitur untuk scan barcode yang dipasang ke dalam aplikasi kamera. Kamu bisa menggunakannya dengan cara membuka aplikasi kamera lalu mengarahkannya ke barcode tersebut.

Namun beberapa model HP  lama memerlukan aplikasi tambahan untuk bisa scan kode ini. Sebelum memindai, kamu bisa download aplikasinya di Google Play Store maupun di App Store.

Saat ini ada banyak pilihan aplikasi scanner yang bisa kamu unduh dengan mudah. Fungsinya pun hampir semuanya sama yaitu memindai barcode. Beberapa aplikasi lainnya dilengkapi dengan pemindai QR Code juga.

Aplikasi Scanner Barcode untuk Android & iOS

Ada banyak pilihan aplikasi barcode scanner untuk Android dan iOS. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasinya yang bisa kamu gunakan:

1. Bar-Code reader

Aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memindai barcode adalah QR & Barcode Scanner yang dibuat oleh developer Gamma Play. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi QR & Barcode di Google Play Store atau App Store.
cara scan gambar barcode produk menggunakan aplikasi
  • Lalu, buka dan arahkan kamera ke barcode yang ingin kamu scan.
cara scan gambar barcode produk menggunakan aplikasi
  • Tunggu beberapa saat sampai kamera berhasil mendeteksi angka barcode.
cara scan gambar barcode produk menggunakan aplikasi
  • Setelah itu akan muncul hasilnya.

2. QR Code Reader and Scanner

Aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan adalah QR Code Reader and Scanner yang dikembangkan oleh Kaspersky Lab Switzerland. Caranya hampir sama seperti aplikasi di atas. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

  • Download aplikasi QR Code Reader and Scanner di Google Play Store atau App Store.
cara scan gambar barcode produk menggunakan aplikasi
  • Lalu, buka aplikasi dan arahkan kamera ke barcode yang ingin kamu pindai.
cara scan gambar barcode produk menggunakan aplikasi
  • Tunggu beberapa saat sampai kamera berhasil memindai.
cara scan gambar barcode produk menggunakan aplikasi
  • Setelah itu akan muncul hasilnya.

3. Zapper

Zapper adalah pemindai barcode yang dikembangkan oleh Zapper Limited. Meskipun aplikasi ini berbayar, bisa dibilang aplikasi Zapper ini termasuk apk pemindai barcode terbaik untuk melakukan pembayaran belanja online.

cara scan gambar barcode produk menggunakan aplikasi

Penutup

Itulah informasi mengenai cara scan barcode yang bisa kamu lakukan menggunakan aplikasi yang telah disebutkan di atas. Aplikasi di atas juga bisa memindai QR Code dengan cara yang sama seperti memindai barcode.

Selain aplikasi di atas, kamu juga bisa memindai barcode menggunakan aplikasi barcode scanner lainnya yang ada di Google Play Store atau App Store.

Leave a Comment