Home » komputer » 3 Cara Merubah Jam di Laptop Windows 10 Termudah

3 Cara Merubah Jam di Laptop Windows 10 Termudah

Jam dan tanggal di tampilan layar laptop sangat bermanfaat. Selain untuk mengingat pukul berapa hari ini, kamu dapat mengatur manajemen waktu kerja atau tugas. Berbagai cara mengubah jam di laptop dengan mudah dan cepat sudah kami rangkum dalam artikel ini.

Fitur jam dan tanggal sendiri selalu tersedia di segala versi windows dan telah tetapkan sebagai fungsi standar. Namun kamu tidak bisa menjadikan ini sebagai referensi waktu, karena settingan waktu dan tanggal bisa saja salah.

Oleh karena itu, kamu harus merubah jam dan menyesuaikan dengan waktu yang tepat. Untuk dapat memanfaatkannya, pengguna harus mengetahui dulu cara setting jam. Hal tersebut karena posisi dan penempatan fungsi ini selalu berubah pada setiap versinya.

Cara Merubah Jam di Laptop Windows 10

Fitur jam pada laptop atau komputer sebenarnya telah di setting secara otomatis, namun beberapa faktor dapat menyebabkan kesalahan pengaturan yang mengakibatkan jam berubah sendiri tanpa sepengetahuan pengguna.

Cara setting jam di laptop Windows 10 sangatlah mudah. Berbagai cara bisa kamu lakukan untuk mengatur fungsi tersebut, berikut langkah-langkahnya:

1. Setting Jam Lewat Menu Date and Time Settings

Cara pertama yaitu lewat menu date and time settings. Kamu bisa memulainya dengan mengetik “Date and Time” di tab search, windows run, hingga menggunakan perintah suara lewat aplikasi asisten pribadi Cortana bawaan Windows.

Setelah itu akan muncul opsi “Date and Time” lalu klik “Set the time and date” tunggu hingga muncul tab selanjutnya yang mengarah ke button Change date and time”.

cara merubah jam di laptop
Gambar tutorial cara merubah jam di windows 10.1

Jika muncul halaman Date and Time Setting, disini kamu tinggal atur tanggal dan jam terkini. Selanjutnya klik “OK” maka tampilan waktu di taskbar akan berubah sesuai dengan pengaturan terakhir.

2. Setting Jam Lewat Control Panel

Cara kedua untuk mengatur jam di Windows 10 yaitu lewat Control Panel. Langkah-langkahnya dapat dilakukan dengan tombol Ctrl + Shift + C, melalui taskbar search, dan masih banyak lainnya. Setelah sampai di menu utama, klik opsi “Clock and Region”.

Selanjutnya, klik opsi “Date and Time”, dan tab akan muncul sama seperti cara pertama. Namun, jika kamu ingin mengatur jam secara otomatis, klik halaman “Internet Time” lalu pilih “Change setting”.

cara setting jam di laptop
cara kedua mengubah jam di windows 10

Setelah itu, centang “Synchronize with an Internet time server”, maka kolom server di bawahnya otomatis mengarah ke link waktu utama Windows. Lalu, klik Update Now dan pilih OK. Untuk opsi ini pastikan internet dalam keadaan terhubung.

3. Setting Jam Lewat Menu Setting Windows

Cara ketiga yaitu lewat menu setting Windows. Metode ini dapat kamu lakukan untuk Windows 8 ke atas. Klik menu Windows di taskbar, setelah itu pilih icon Settings yang didalamnya terdapat opsi utama di menu tersebut.

cara setting jam di laptop windows 10
merubah jam di laptop
gambar cara setting jam di windows 10.1

merubah jam di laptop windows 10
gambar cara setting jam di windows 10.2

Selanjutnya, pilih opsi Time & Language dan matikan Set time automatically lalu Ubah ke opsi Set the date and time manually. Setelah itu, atur tanggal dan waktu serta pilih “Change”. Untuk sistem otomatis, pastikan internet telah terhubung pada perangkat.

Kenapa Jam d Laptop Error?

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya kenapa jam laptop bisa error ? Secara umum, hal ini dapat disebabkan karena :

  • proses instal ulang
  • koneksi internet tidak terhubung saat sistem melakukan update posisi perangkat
  • hingga terdapat malware di program Windows.

Pada beberapa kasus, permasalahan jam komputer bisa terjadi karena munculnya pesan error saat proses booting seperti “Press F1 to continue”, “BIOS time error” atau “BIOS time/date not set”.

Selain itu, munculnya pesan error dari beberapa aplikasi browser, sebab versi antivirus yang belum terupdate, gejala tidak dapat install software, gagal saat melakukan koneksi remote desktop, sampai Efek aplikasi Microsoft Office error juga bisa menjadi penyebabnya.

Solusi Jam Laptop Error atau Tidak Bisa Diatur

Ada beberapa solusi jam laptop error yang bisa kamu ikuti. Kamu harus tahu dulu penyebabnya, maka kamu bisa mengetahui solusinya.

Penyebabnya mungkin bisa terjadi akibat penggantian part hardware atau perbaikan software seperti setting ulang kembali dan pengaturan zona waktu secara manual atau otomatis.

1. Solusi Jam Laptop Error pertama

Penyebab jam laptop error juga bisa karena baterai CMOS habis atau rusak. Fungsi baterai ini sebagai sumber daya pada jam laptop. Maka kamu bisa mencari penggantinya di online shop dengan harga sekitar 25 ribu rupiah.

2. Solusi Jam Laptop Error Kedua

Sedangkan jika penyebab error dikarenakan motherboard yang telah rusak. Hal ini dapat dilihat saat kamu telah mengganti baterai CMOS namun pengaturan jam masih belum bisa di-save oleh sistem. Maka, proses servis hingga ganti komponen adalah solusinya.

Penutup

Itulah pembahasan tentang cara mengubah settingan jam di laptop, mulai dari metode pengaturan hingga solusi apabila terjadi kesalahan yang rumit. Kamu dapat menerapkan beberapa tahapan diatas pada perangkatmu.

Semoga bermanfaat!

4/5 - (1 vote)

Leave a Comment