Home » media sosial » youtube » 11 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube Selain Adsense

11 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube Selain Adsense

Di era yang serba digital dan virtual ini tidak heran kalau ada banyak orang yang ingin tahu cara mendapatkan uang dari YouTube.

Bahkan tidak jarang anak-anak bercita-cita menjadi YouTuber. Tentu saja hal itu tidak salah karena memang menjanjikan.

Di artikel ini, kamu akan mendapatkan sederetan informasi tentang menjadi YouTubers dan cara monetisasi YouTube. Lalu, darimana sumber penghasilan para YouTuber itu?

Cara Dapat Uang dari Youtube

1. Google Adsense

mendapatkan uang dari youtube lewat google adsense
republik seo

AdSense bisa dibilang sebagai cara dapat uang dari YouTube yang paling utama. Bukan nominalnya yang besar, namun peluangnya yang tidak terlalu sulit untuk para YouTubers yang sudah memenuhi syarat.

Beberapa syaratnya akan dibahas di bawah. Dan tentu saja, pemasukan dari AdSense ini banyak berkaitan dengan performa kamu dan konsistensi kamu dalam mengunggah konten.

2. Affiliate

mendapatkan uang dari youtube lewat affiliate marketing

Tidak hanya dari Adsense youtube, pembuat konten juga bisa mendapatkan pemasukan yang cukup tinggi dari afiliasi. 

YouTuber hanya perlu mendaftarkan diri sebagai partner afiliasi di halaman provider. Lalu setiap pembelian produk maupun jasa melalui menggunakan referral link, YouTuber akan mendapatkan komisi.

3. Endorsement

mendapatkan uang dari youtube lewat endorse barang
infodigimarket

Endorsement adalah salah satu cara mendapatkan uang dari youtube yang menjanjikan. Misalnya untuk konten tentang review produk, beberapa produk biasanya sering menjadi sponsor untuk suatu video.

Dan banyak juga YouTuber yang mempromosikan konten memasak mendapatkan endorse dari alat masak dan kebutuhan memasak lainnya.

4. Merchandise

YouTuber sangat bisa menjual merch dan pernak-pernik lainnya langsung di channel mereka. Bahkan YouTube sudah memberikan fitur khusus untuk memfasilitasi hal ini.

Namun fitur Merchandise ini hanya bisa diaktifkan untuk channel dengan setidaknya 10.000 subscribers. Tapi seru juga, ya, bisa jualan dan difasilitasi YouTube.

5. Shorts Fund

mendapatkan uang dari youtube lewat short find

Shorts Fund adalah salah satu program yang ditawarkan YouTube untuk para pembuat konten di platform-nya. Fitur ini memungkinkan para YouTuber yang kreatif dan aktif mendapatkan penghasilan tambahan.

YouTube membuka kesempatan menarik untuk para pembuat konten yang bisa membuat Shorts paling menarik sepanjang 2021 hingga 2022.

Untuk pemenang kontes ini, YouTube akan memberikan gaji sebesar USD 100 hingga USD 10.000 per bulannya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi halaman ini.

6. YouTube Premium

mendapatkan uang dari youtube lewat bisnis youtube premium

YouTube sendiri memberikan membership Premium untuk pengguna yang ingin bebas iklan.

Mengingat iklan tersebut adalah sumber pemasukan bagi YouTuber, pihak platform tetap memberikan pendapatan untuk para pembuat konten, apalagi yang subscribers nya menggunakan layanan premium.

Besaran pendapatannya tidak dijelaskan, namun ini terbukti sebagai salah satu sumber pendapatan di luar AdSense.

7. Channel Memberships

mendapatkan uang dari youtube lewat membership

Fitur memberships ini cukup memberikan opsi pendapatan tambahan untuk para YouTubers. Dengan begini, pemilik channel dapat memberikan konten eksklusif hanya untuk pemegang membership.

Namun kalau kamu ingin menggunakan fitur ini, setidaknya kamu harus memiliki 100.000 subscribers dulu. Tarif standar untuk fitur ini adalah USD 5 per bulan.

8. Super Chat

cara mendapatkan uang dari youtube lewat super chat
slr lounge

YouTube juga punya fitur baru agar kreator dan penggemar bisa berinteraksi dengan lebih intens ketika live streaming.

Untuk subscribers yang membeli fitur ini, mereka bisa menandai pesan mereka selama live streaming berlangsung. Nantinya, penonton pun bisa berdonasi dan melakukan hal lainnya.

9. Super Thanks

mendapatkan uang dari youtube lewat super thanks

Sedangkan Super Thanks ini adalah bentuk tipping yang disediakan oleh YouTube. Apabila penonton ada yang ingin memberikan tip, mereka tinggal memencet tombol Thanks yang bisa ditemukan di antara Download dan Save.

10. YouTube BrandConnect

cara mendapatkan uang dari youtube lewat youtube brand connect

Fitur yang satu ini memungkinkan para pembuat konten untuk berkolaborasi dengan berbagai merk.

Nantinya hasil kolaborasi tersebut akan menghasilkan suatu karya yang bisa diperjualbelikan. Fitur ini dibentuk YouTube untuk menghubungkan brand dengan konten kreator dan meningkatkan brand awareness.

11. Ticketing

cara mendapatkan uang dari youtube lewat tiket

Apabila seorang pembuat konten akan melakukan show maupun konser, mereka bisa memanfaatkan fitur ticketing.

Dari fitur ini juga para penonton bisa langsung membeli tiket tanpa repot-repot search di mesin pencari.

Cara Membuat Akun Youtube yang Menghasilkan Uang

cara membuat akun youtube

Monetisasi dan Pengertiannya

Monetisasi ini memungkinkan setiap pembuat konten memperoleh uang dari video yang diunggah ke platform YouTube. Pemilik channel harus mengaktifkan fitur iklan terlebih dulu.

Pertama-tama, sih, kamu sudah harus tahu cara membuat channel YouTube. Dan penting sekali untuk memiliki Google Account sebelum mendaftar channel. Prosesnya bisa kamu lakukan di PC maupun dengan android.

Namun perlu diingat bahwa tidak semua video bisa dipasangi iklan. Ada guidelines yang harus kamu pahami.

Selain itu, iklan akan lebih mudah ditemukan di konten dengan jam tayang tinggi dan jumlah penonton yang meningkat drastis.

Kamu bisa mencoba langkah-langkah di bawah ini.

  • Klik ikon akun kamu yang ada di pojok kanan atas.
  • Kemudian, masuk ke Creator Studio
  • Lalu, kamu bisa pilih Channel dan klik Status and features.
  • Di sana, kamu akan melihat pilihan Monetization. Pilih opsi tersebut dan kamu tinggal mengikuti perintah yang tertera.

Selama kamu sudah memenuhi syarat-syaratnya, YouTube akan langsung menerima permintaanmu. Syarat yang harus kamu penuhi akan dibahas di sub-bab lain di bawah ini.

Namun apabila pendaftaran kamu ditolak lantaran syarat belum terpenuhi, kamu bisa melakukan pendaftaran lagi setidaknya 30 hari setelah pendaftaran yang pertama.

Baca juga : Cara download video YouTube

Cara Monetize Youtube dan Syaratnya

syarat monetisasi youtube

Kamu tidak bisa serta-merta memonetisasi channel YouTube kamu. Selain mengetahui cara buat akun YouTube, ada serangkaian cara yang harus kamu penuhi dulu. Di antaranya adalah:

1. Terverifikasi

Sebelum kamu mencari tahu cara monetize youtube, kamu harus sudah memiliki akun yang terverifikasi. Bahkan proses ini penting kalau kamu berniat upload video ke YouTube dengan durasi lebih dari 15 menit.

Cara verifikasi akun YouTube pun cukup mudah dan cepat, berikut langkahnya.

  • Buka halaman upload lalu cek bagian bawah layar dan klik Increase your limit.
  • Setelahnya, kamu harus memilih metode verifikasi, bisa melalui pesan teks maupun pesan suara.
  • Kemudian kamu akan menerima kode verifikasi yang bisa kamu masukkan ke formulir yang ada di layar kamu. Setelahnya, klik Submit.

Apabila proses verifikasi berhasil, kamu akan melihat tulisan Partner Verified di bawah nama YouTube kamu.

Dengan begitu, kamu sudah bisa mengunggah konten dengan durasi di atas 15 menit.

2. 4000 Jam Tayang

Hal berikutnya yang kamu perlukan untuk monetisasi channel YouTube mu adalah dengan memiliki setidaknya 4000 jam tayang. Total jam ini terhitung selama 12 bulan terakhir, ya. 

Oleh karena itu kamu sebaiknya melakukan verifikasi sejak awal agar semua video yang kamu unggah bisa masuk ke syarat 4000 jam tayang. Anggap saja ini sebagai cara mencicil daftar AdSense YouTube.

3. 1000 Subscribers

YouTube juga menentukan jumlah minimal berapa subscriber untuk mendapatkan uang, yaitu 1000 subscribers.

Meskipun kedengarannya mudah, kenyataannya tidak semulus itu. Selain harus mempromosikan channel ke sana-sini, kamu harus memastikan konten yang kamu bagikan bagus dan tidak spammy.

Bicara soal konten yang menarik, ada beberapa hal yang akan membuat video buatanmu standout.

  • Orisinalitas harus tetap dijaga.
  • 15 menit pertama penting untuk membuat orang tetap menonton konten kamu.
  • Data sebaiknya akurat.
  • Gunakan bahasa yang mudah dimengerti.

Tidak ada konten yang sempurna. Namun kamu bisa berkembang dan belajar untuk menjadi lebih baik lagi selama kamu konsisten.

4. Daftar AdSense

Dan tentu saja kamu harus mendaftar AdSense setelah semua syarat yang kamu cicil berhasil. Jadi bagaimana? Makin semangat jadi YouTuber sukses?

Penghasilan Youtuber

Lalu berapa sih penghasilan YouTubers pemula atau senior? Apabila melihat akun-akun yang sudah besar, kamu akan tercengang.

Misal, Atta Halilintar bisa mengantongi hingga 500 juta per bulan dengan subscribers sebanyak 26 juta. Selain itu, ada Ria Ricis yang bisa meraup hingga 5 miliar per bulan dari 23 juta subscribers.

Namun jangan salah karena meskipun kamu baru merintis channel YouTube, kamu bisa mendapatkan penghasilan juga.

Untuk channel dengan subscribers sebanyak 26 ribu, Gendhis Momo bisa mendapatkan 240 ribu hingga 4 juta sebulan. Oleh karena itu, kalau kamu konsisten mengunggah konten maka semakin banyak juga penghasilan yang masuk ke pundi-pundi kamu.

Penutup

Apabila kamu serius dengan karir di dunia YouTube, tidak ada salahnya kamu mengikuti tips-tips yang ada di atas. 

Selain itu, kamu harus siap bersaing dengan akun lain yang sudah lebih dulu membangun kerajaan YouTube nya. Bagaimana menurutmu tentang cara mendapatkan uang dari youtube? Selamat mencoba!

Rate this post

Leave a Comment