Home » media sosial » instagram » 15 Cara Membuat Linktree di Instagram, WA dan Tiktok

15 Cara Membuat Linktree di Instagram, WA dan Tiktok

Media sosial sekarang bukan hanya ajang untuk pamer kehidupan pribadi. Banyak pebisnis yang menggunakan lini yang satu ini untuk meraup untung dari Usahanya. Sehingga cara membuat Linktree di Instagram menjadi sangat krusial.

Memangnya penting bikin link di media sosial? Tergantung kebutuhanmu, punya link yang langsung menghubungkan dengan aplikasi teks akan memudahkan transaksi bisnis.

Di bawah ini kamu bisa mempelajari berbagai cara buat Linktree untuk berbagai aplikasi. Dengan cara ini, kamu juga bisa buat 2 link di bio sekaligus.

Linktree Adalah 

Linktree adalah tools untuk membuat link instan dan singkat yang bisa dihubungkan ke halaman lain. Dengan begitu kamu bisa memanfaatkannya untuk mengoptimalkan trafik dari berbagai media sosial dengan aman.

Linktree biasanya diletakkan di bio Instagram, sehingga pengunjungmu yang mengklik tautan akan lebih paham dengan Call to Action yang kamu tawarkan. Di bawah ini ada beberapa cara untuk membuat Linktree.

Daftar Linktree

Sebelum bisa menggunakan Linktree, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan register.

  • Buka browser favoritmu dan masuk ke Linktr.ee
  • Kemudian isi data diri yang ditanyakan, seperti email, username, dan kata sandi.
  • Lalu pilih layanan yang kamu inginkan, apakah itu gratis atau berbayar.
  • Kemudian, kamu tinggal verifikasi akun melalui email yang kamu daftarkan.
  • Selesai. Kamu bisa menggunakan akun Linktree untuk berbagai kebutuhan nantinya.

Cara Membuat Linktree

Cara Membuat Linktree di Instagram

Kalau kamu adalah pengguna Instagram dan memanfaatkan platform ini untuk jualan online, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka situs Linktree di HP mu kemudian Linktree login
cara membuat linktree di instagram
  • Karena kamu sudah terdaftar, kamu bisa langsung membuat tautan dengan klik “add new link”.
cara membuat linktree di instagram
  • Tambahkan link yang akan kamu gunakan beserta nama yang ingin kamu munculkan.
cara membuat linktree di instagram
  • Kemudian tools akan meng-generate link yang bisa kamu copy dan tempel ke profil Instagram kamu.
cara membuat linktree di ig
  • Selesai. 

Membuat Linktree memang semudah itu. Kamu hanya perlu tahu caranya agar jualanmu semakin laris.

Cara Buat Linktree WhatsApp

Lalu kalau kamu ingin membuat link yang menuju ke WhatsApp tanpa harus menyimpan nomor, Linktree punya jawabannya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke akun Linktree yang sudah kamu daftarkan.
  • Kemudian masuk ke Links dan pilih add new link.
  • Kamu akan melihat beberapa kotak. Tuliskan WhatsApp ke kotak judul, dan kemudian link yang sudah kamu siapkan. Formatnya biasanya seperti ini: https://wa.me/6281234567890
  • Sekarang kamu bisa membagikan URL ini dengan cara menyalin link Instagram dan menempelnya di bio Instagram.

Dalam keperluan bisnis, sepertinya cukup penting untuk memberikan opsi yang mudah kepada klien. Memberikan link seperti ini membuat klien-klien kamu bisa menghubungi WhatsApp tanpa harus menyimpan nomor terlebih dulu.

Cara Buat Linktree TikTok

Katakanlah kamu adalah artis TikTok dan kamu ingin pengguna Instagram mengunjungi TikTok-mu. Kamu bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini.

  • Masuk ke akun Linktree yang sudah kamu daftarkan.
  • Kemudian masuk ke Links dan pilih add new link.
  • Kamu akan melihat beberapa kotak. Tuliskan TikTok ke kotak judul, dan kemudian link profil TikTok kamu.
  • Selesai

Cara Buat Linktree Line

Kamu punya kontak lain selain WhatsApp? Berikut caranya untuk memasukkan LINE ke Linktree.

  • Masuk ke akun Linktree yang sudah kamu daftarkan.
  • Kemudian masuk ke Links dan pilih add new link.
  • Setelahnya kamu akan melihat beberapa kotak. Tuliskan LINE ke kotak judul, dan kemudian link ID LINE kamu, dengan format line.me
  • Kamu tinggal menempel link ini di Instagram atau media sosial lainnya.

Cara Buat Linktree Shoopee

Agar pengguna Instagram mudah menemukan akun Shopee jualanmu, berikut adalah cara menggunakan Linktree.

  • Login ke akun Linktree yang sudah kamu daftarkan.
  • Kemudian masuk ke Links dan pilih add new link.
  • Kamu akan melihat beberapa kotak. Tuliskan Shopee ke kotak judul, dan kemudian link profil lapak kamu di Shopee.
  • Selesai. Kamu bisa langsung menempel link di media sosial lainnya.

Aplikasi Alternatif Selain Linktree

1. Biolinky

cara membuat linktree di ig

Bicara soal aplikasi alternatif yang bisa kamu coba selain Linktree, ada Biolinky yang gratis. Meskipun gratis, fitur-fitur yang ditawarkan cukup premium, lho. Kalau kamu upgrade ke versi berbayar, kamu bisa langsung menghubungkan Google Analytics dan Facebook Pixel.

Dengan akun gratis, Anda bisa membuat banyak link tak terbatas, mendapatkan standard analytic, memasukkan ikon sosial media di beberapa link, hingga mengganti thumbnail untuk mengarahkan ke konten kamu sendiri.

2. Linkin.bio

cara membuat linktree di ig

Kemudian ada linkin.bio yang merupakan hasil pengembangan dari later.com. Apabila kamu mau menggunakan aplikasi ini, kamu harus ter-register sebagai pengguna scheduler later.com.

Meskipun sebenarnya agak ribet, menggunakan scheduler akan membantumu posting dengan lebih mudah dan terencana. Oleh karena itu, kamu bisa coba aplikasi ini, kok.

3. Omnilinkz

cara membuat linktree di ig

Omnilinkz adalah aplikasi lokal yang bisa kamu gunakan dengan gratis. Tampilannya cukup keren dan interface nya mudah dipahami meskipun untuk pemula.

Dengan akun gratis kamu sudah bisa membuat link dengan jumlah tak terbatas. Dan apabila kamu menggunakan versi berbayar, kamu bisa menghubungkan Facebook Pixel dan Google Analytics.

Ada tutorial yang bisa kamu cek jika kamu lupa cara menggunakannya. Selain itu, Omnilinks punya support team yang siap membantumu 24/7 melalui email, dan chat (untuk versi berbayar).

4. Campsite

cara membuat linktree di ig

Kalau kamu mencari alternatif Linktree yang punya tampilan dan fitur yang kurang lebih mirip, Campsite bisa menjadi andalan kamu. Interface nya cukup mirip dengan Linktree.

Namun Campsite mengizinkanmu untuk menyertakan gambar setiap link. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat cocok buatmu yang mengedepankan visual.

5. Tapbio

cara membuat linktree

Interface aplikasi ini beda dari aplikasi serupa lainnya. Kamu akan melihat tampilan yang seperti kartu dan dari sana kamu bisa membuat berbagai URL.

Kamu bisa menggunakan layanan gratis jika cukup dengan satu kartu. Namun untuk menambah kartu, sebaiknya kamu upgrade ke versi berbayarnya.

6. Shor.by

cara membuat linktree

Untuk kamu yang tidak mau mencoba aplikasi gratis, shor.by adalah aplikasi yang cocok untukmu. Aplikasi ini tidak memberikan layanan gratis dan hanya tersedia paket berbayar, sekitar Rp. 135.000 sampai Rp. 1.500.000 per bulannya.

Yang membuat aplikasi ini beda dari yang lain adalah fitur retargeting sehingga kamu yang sering menggunakan Facebook Pixel dan Instagram Marketing akan merasa sangat terbantu. 

7. Linkfly

Linkfly bisa dibilang sebagai tools baru untuk membuat link. Aplikasi ini cocok buat kamu yang mengedepankan UX dalam desain.

Aplikasi ini akan mengkustomisasi sebuah tautan sesuai dengan sistemnya. Misal, apabila pengguna menggunakan iOS akan langsung dialihkan ke Apple Store, dan Play Store untuk pengguna Android melalui satu URL.

8. Milkshake.app

Aplikasi ini juga cukup populer di kalangan pebisnis digital. Kamu bahkan bisa membuat website di akun Instagram, bikin landing page, dan lain sebagainya. Sejauh ini, Milkshake.app hanya memiliki layanan gratis.

9. ContactInBio

Untuk kamu yang sering menggunakan Linktree maka tidak akan terlalu lama beradaptasi dengan ContactInBio. Interface nya mirip Linktree dan fiturnya pun juga serupa.

Sistem akan memilah pesan yang masuk sehingga kamu tidak perlu repot dengan spamming.

10. Swipop

Kalau kamu menggunakan Instagram untuk jualan, Swipop akan membantumu. Transaksi bisa kamu lakukan langsung melalui Instagram, namun pilihan pembayarannya masih terbatas.

Penutup

Ada banyak tools yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat link di Instagram, WhatsApp, Shopee dan lain sebagainya. Bahkan banyak di antaranya menawarkan layanan cuma-cuma.

Terlepas dari tools yang kamu pilih, kunci dari kesuksesan bisnis kamu adalah kejelian dan kegigihan kamu dalam berjalan. Namun tentu saja, cara membuat Linktree di Instagram ini bisa membantu boosting jualanmu dan konversi website.

Fitur dan tutorial Instagram lainnya

Rate this post

Leave a Comment