Home » media sosial » instagram » 4 Cara Membuat Filter Instagram di HP dan PC

4 Cara Membuat Filter Instagram di HP dan PC

Instagram adalah media sosial yang memiliki banyak filter beragam. Menariknya, filter IG bisa dibuat sendiri dengan kreativitas penggunanya. Hanya saja tidak semua orang mengetahui cara membuat filter Instagram.

Dengan membuat filter sendiri maka kamu bisa berkreasi menciptakan filter yang diinginkan. Selain digunakan sendiri, Instagram filter yang telah dibuat juga bisa dibagikan kepada orang lain.

Bagi pengguna IG baru sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu filter Instagram, sampul sorotan instagram hingga feed Instagram. Fitur tersebut menawarkan kesan menarik.

Filter Instagram Adalah

Filter Instagram adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Instagram untuk membuat konten terlihat lebih menarik.

Fitur ini hanya bisa digunakan untuk konten Instagram Story. Ada beragam macam filter yang disediakan dari Instagram dan dibuat eksklusif oleh pengguna. Mulai dari filter yang bisa mempercantik wajah hingga filter yang berupa emoji.

Sebetulnya ketika akan mengunggah konten di IG story, pengguna sudah bisa memakai filter yang tersedia. Namun, pengguna juga bisa membuat sendiri karakteristik filter yang diinginkan.

Jika kamu ingin memiliki filter hasil kreasi sendiri, maka sebaiknya mengetahui terlebih dahulu cara buat filter Instagram. Setelah berhasil dibuat, filter juga bisa dibagikan dan digunakan oleh pengguna lainnya.

Fungsi Filter Instagram

source: vrarcro.com

1. Menjangkau Banyak Audience

Filter di Instagram dapat dimanfaatkan untuk keperluan professional, misalnya digunakan untuk konten bisnis. Tujuan dari konten bisnis yaitu menjangkau banyak audience. Nah, dengan menggunakan filter, tujuan ini lebih mudah dicapai.

Pengguna Instagram yang merupakan target audience tentunya akan lebih tertarik melihat konten yang dikombinasikan dengan filter. Sebab, konten yang tidak dihiasi dengan filter akan terlihat biasa saja.

2. Memperkuat Branding

Fungsi lainnya dari penggunaan filter yaitu untuk memperkuat branding. Jika filter digunakan untuk konten bisnis yang menawarkan promosi produk, maka audience akan lebih mudah mengenali produk tersebut.

Selain itu, filter juga bisa memperkuat personal branding dari pengguna Instagram yang merupakan individu. Hal ini lah yang dimanfaatkan para influencer sehingga mereka dapat menarik perhatian dari banyak followersnya.

Filter yang dibuat sendiri dan berbeda dari filter lainnya juga akan membantu mendongkrak popularitas seseorang. Sebab, filter yang mempunyai ciri khas sendiri akan mudah diingat dan menarik perhatian pengguna lainnya.

Cara Membuat Filter Instagram

Cara Membuat Filter Instagram di HP

Membuat filter Instagram dapat dilakukan dengan mudah yaitu pakai HP. Cara ini tentunya lebih mudah dan simpel. Berikut langkah-langkah dalam membuat filter Instagram di HP yang bisa kamu lakukan:

  • Siapkan objek filter seperti gambar dan emoji
  • Unduh aplikasi Spark AR Studio
  • Buka aplikasi
  • Masukan objek dengan klik tombol Assets yang tersedia di bagian kiri bawah layer
  • Ekspor filter dengan memilih menu Export
  • Pilih tempat penyimpanan untuk filter yang akan diekspor
  • Masuk ke situs web Sparkarhub untuk mengunggah filter
  • Pilih menu Upload Effect
  • Pilih Instagram, lalu beri nama filter
  • Klik Upload and Continue

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, kamu sudah bisa menggunakan filter yang telah dibuat. Untuk menggunakannya, masuk ke fitur Instagram Story dengan cara geser halaman home ke arah kanan.

Kamu bisa mencari filter dengan mengklik tombol Telusuri Efek yang ditandai dengan ikon kaca pembesar. Kemudian, ketik nama filter dan tunggu hingga hasil pencarian menunjukan filter tersebut.

Setelah itu, pilih filter yang tadi telah kamu buat lalu unduh dengan mengklik ikon tanda panah yang mengarah ke bawah. Nah, sekarang filter sudah tersimpan dan bisa langsung digunakan.

Cara Membuat Filter Instagram di Laptop

Selain menggunakan HP, membuat filter Instagram juga bisa dilakukan di laptop. Pada dasarnya cara membuat filter Instagram di laptop sama saja seperti membuat di HP.

Hanya saja, di laptop kamu bisa mendesain filter dengan lebih detail. Berikut ini, langkah-langkah membuat filter di laptop yang harus dilakukan:

  • Unduh software Spark AR Studio (554 MB)
  • Aktifkan fitur Face Tracker pada software
  • Masukan objek pada menu Face Mesh yang ada di bagian Scene
  • Ubah Shader Type yang ada di bagian Inspector menjadi Face Paint
  • Masuk ke menu Material jika kamu ingin menyesuaikan ukuran objek dengan tata letak wajah
  • Simpan dan beri nama filter
  • Klik menu Send lalu klik Send to App
  • Pilih opsi Instagram Camera lalu klik Send
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi dari Instagram

Setelah mendapatkan notifikasi dari Instagram, artinya filter yang telah dibuat sudah bisa digunakan untuk Instagran Story dan Reels. Selama filter yang dibuat tidak melanggar ketentuan Instagram pasti dapat digunakan untuk konten. 

Untuk menghasilkan filter dengan objek yang orisinil, kamu juga bisa menggunakan software desain seperti Photoshop dan Adobe Illustrator. Jadi, sebelum membuat filter buatlah desain objek terlebih dahulu menggunakan software tersebut.

Kamu juga bisa membuat objek di Picsart. Platform ini bisa diakses dari HP yaitu dengan mengunduh aplikasinya atau digunakan secara online dari situs webnya.

Cara Membuat Filter Instagram Tanpa Aplikasi

Masih ada satu lagi cara membuat filter Instagram, yaitu membuatnya tanpa aplikasi. Kamu bisa membuat desain filter di picsart.com.

Jadi, tak perlu mengunduh aplikasi yang dapat memberatkan memori smartphone. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Masuk ke situs web picsart.com
  • Login menggunakan akun Gmail atau akun Facebook
  • Pilih template Instagram Story
cara membuat filter instagram
  • Buat desain filter yang diingikan
  • Unduh desain dengan klik tombol Export yang berada di bagian pojok kanan atas layar
cara membuat filter instagram
  • Kemudian masuk pada situs Spark AR Studio
cara membuat filter instagram
  • Klik menu Face Mesh yang ada di bagian Scene
  • Ekspor filter ke Instagram dengan klik Send lalu klik Send to App
  • Klik Instagram Camera lalu klik Send

Setelah filter berhasil diekspor ke Instagram, kamu bisa langsung menggunakannya untuk konten Instagram Story dan konten Reels. Cara membuat filter Instagram yang satu ini wajib dicoba karena tidak rumit untuk dilakukan.

Penutup

Membuat filter Instagram sendiri memang lebih menyenangkan karena kita dapat menyesuaikan desain sesuai dengan keinginan. Bagi yang masih ingin coba-coba bisa memulainya dengan desain filter sederhana.

Demikian informasi mengenai cara membuat filter Instagram sendiri. Ada 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat filter dari hasil kreativitas sendiri. Menurutmu, dari ketiga cara tersebut mana yang paling mudah?

Fitur keren dan tutorial Instagram lainnya

Rate this post

Leave a Comment