Home » media sosial » facebook » 2 Cara Membuat Fanspage Facebook untuk Bisnis dan Popularitas

2 Cara Membuat Fanspage Facebook untuk Bisnis dan Popularitas

Jika kamu pengguna Facebook dan ingin menggunakannya dalam berbagai hal. Maka kamu perlu menggunakan cara membuat fanspage Facebook yang profesional. Terntunya kamu harus daftar facebook terlebih dahulu sebelum membuat Fanspage Facebook.

Sejauh ini fanspage FB sering digunakan untuk jualan, hiburan, media edukasi hingga mencari uang. Fanspage juga sangat efektif untuk digunakan sebagai media spamming konten.

Oleh karenanya pembahasan kali ini akan mengulas mengenai fanspage Facebook secara lengkap. Check this out!

Apa Itu Fanspage?

Fanspage Facebook adalah suatu fitur khusus (halaman FB) untuk menampilkan informasi terkait brand atau bisnis. Biasanya fanspage dipakai untuk berbagi konten menarik, berjualan dan media branding.

Fanspage sangat berbeda dari personal akun yang digunakan untuk membagi kehidupan sehari-hari. Hal menonjol dari fanspage yakni publikasi konten lebih tertata. 

Penggunaan fanspage di android dan laptop sama-sama terarah jika sejak awal melakukan cara membuat fanspage Facebook dengan benar.

Manfaat Fanspage

1. Jumlah fans tidak terbatas

Jumlah teman yang terhubung pada akun Facebook personal dibatasi hingga 5000 pertemanan saja.

Berbeda dari fanspage yang memungkinkan diikuti fans dalam jumlah tidak terbatas. Sehingga banyak akun fanspage yang diikuti oleh jutaan fans.

2. Memisahkan dengan konten personal

Fanspage memberikan kesan publikasi konten profesional. Semua konten dibagikan harus tertata dan terarah.

Fanspage profesional tidak membagikan konten pribadi seperti curhatan. Penataan konten yang baik mendatangkan lebih banyak penggemar.

3. Terpercaya dan Profesional

Pemisahan konten personal dari fanspage membuat penggunaan fanspage semakin terpercaya dan profesional. Sehingga apapun yang dibagikan melalui fanspage lebih dipercaya penggemar.

4. Feedback dan Kontak 

Kelebihan dari fanspage yakni memungkinkan orang-orang menghubungi dengan leluasa. Misalnya siapa saja dapat berkomentar melalui kolom komentar dan messenger untuk fanspage bisnis.

Apabila feedback yang diberikan penggemar positif otomatis mempengaruhi opini penggemar lain yang melihatnya. Disamping itu, penggemar lebih mudah berkomunikasi melalui messenger.

5. Terindeks Search Engine

Umumnya publikasi konten melalui fanpage terindeks dengan baik oleh mesin pencarian. Hal tersebut disebabkan karena konten lebih dipercaya dan berkualitas.

6. Viral Marketing

Sebenarnya fanspage menjadi fitur efektif saat melakukan campaign viral marketing. Apalagi jika dikemas dalam konsep giveaway. Harapannya agar jumlah penggemar fanpage meningkat.

Jenis fanspage

cara membuat fanspage facebook

1. Fanspage Publik Hiburan

Fanspage memiliki kategori yang dapat dipilih, salah satu yang terpopuler adalah kategori publik hiburan. Biasanya fanspage kategori ini lebih banyak yang like. Adapun sub kategori dari jenis fanspage publik hiburan adalah :

  • Entertainment
  • Artist, band, and public figure
  • Organization, company dan institution
  • Cause of community

2. Fanspage Jualan

Ada juga jenis fanspage yang digunakan untuk jualan atau berbisnis. Sub kategori dari jenis fanspage jualan yakni :

  • Local business
  • Local place
  • Brand or product

Cara Membuat Fanspage Facebook

1. Fanspage Publik dan Hiburan

Sebelum membuat fanspage, pastikan kamu sudah memiliki nama fb keren untuk fanspage yang akan kamu buat. Sehingga fanspagemu mudah terkenal.

Lakukan langkah-langkah cara membuat fanspage Facebook untuk publik hiburan berikut ini.

  • Login dahulu ke link facebook.com dan pilih Create Page.
  • Pilihlah apa yang hendak dibangun untuk kategori Komunitas atau Public dan klik Lanjutkan.
  • Klik centang dalam kotak I agree to Facebook page terms dan pilih get started.
cara membuat fanspage facebook
  • Kemudian, Facebook membawa kamu agar melengkapi data Kontak Bisnis, misalnya menginput nomor telepon dan alamat.
cara membuat fanspage facebook
  • Unggah foto profil Facebook berukuran maksimal 300 x 300 pixel.
  • Unggah foto untuk cover berukuran maksimal 828 x 315 pixel. 
  • Pilih menu General dan membuat pengaturan secara umum. Atur Page Visibility berstatus Published dan Visitor Post hanya dapat diposting oleh admin.
  • Pada bagian Page Info atur informasi sesuai kategori publik dan hiburan. Mulai dari membuat deskripsi, alamat, website, serta jam operasional. 
cara membuat fanspage facebook
  • Pada bagian Messaging buat pengaturan greeting instan.
  • Pada bagian panel Page Roles digunakan untuk membuat tugas tim yang terlibat untuk mengelola fanpage.
  • Selesai.

Seperti itulah cara membuat fanspage Facebook yang benar. Ingat saat memasang foto profil dan cover halaman wajib relevan dengan kategori publik dan hiburan. 

2. Fanspage Jualan

Sebenarnya untuk step-step yang bergambar sama saja dengan cara membuat fanspage publik dan hidburan.

Lakukan langkah-langkah tutorial cara membuat fanspage Facebook untuk bisnis atau jualan berikut ini.

  • Login dahulu melalui browser dengan mengetik facebook.com dan pilih Create Page
  • Pilihlah kategori produk untuk jualan seperti Local business or place atau Brand of product.
  • Klik centang dalam kotak I agree to Facebook page terms dan pilih get started.
  • Lengkapi informasi fanpage seperti deskripsi, alamat, website (berisi URL), serta jam operasional. Informasi fanpage harus detail serta tidak melebihi 2 kalimat
  • Unggah foto profil dan foto cover laman fanspage bisnis agar tampak profesional. Rekomendasi ukuran foto cover maksimal 828×315 pixel dan foto profil maksimal berukuran 180 x 180 pixel. 
  • Cobalah posting konten pada fanspage untuk pertama kalinya. Dalam hal ini konten yang diposting harus menarik dan unik.
  • Selesai.

Setelah melakukan cara membuat fanspage Facebook sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja. Kamu juga harus mengamati pertumbuhan penggemar fanpage setiap hari, bulan, dan tahun. 

Selain itu, sangat penting menjaga keterlibatan pengunjung atau penggemar dengan merespon komentarnya. Untuk memantau keterlibatan penggemar dapat mengunjungi ‘Insights’ dari laman fanspage.

Tips Membuat Fanspage Bisnis Cepat Populer

cara membuat fanspage facebook

1. Mengundang Teman Facebook Untuk Menjadi Fans

Saat pertama kali membuat fanspage tentunya belum ada penggemar atau fans. Jadi, cobalah mengundang teman Facebook untuk menjadi fans. 

Awalnya memang sulit untuk membangun penggemar apalagi melalui cara organik. Supaya lebih mudah manfaatkan fitur invite friend pada fanpage. Sehingga memungkinkan penggemar berdatangan dalam jumlah ratusan hingga ribuan.

2. Konten Menarik dan Bervariasi

Tips utama agar penggemar fanspage meningkat adalah membagikan konten berkualitas setiap hari. Hindari membagikan konten yang membosankan seperti foto atau artikel tidak relevan. Semua konten yang dipublikasikan harus tertata dan fokus.

Cobalah membagikan konten yang bervariasi contohnya info produk, edukasi customer, promo, game, challenge, dan hiburan ringan. Sebaiknya semua konten dikemas dengan lebih menarik. Konten tidak boleh kaku dengan mempromosikan produk saja.

Konten merupakan jembatan komunikasi fanspage dengna penggemar. Hindari membuat penggemar merasa telah dijejali oleh produk atau hiburan itu-itu saja. Jika ingin mengoptimalkan konten gunakan metode covert selling atau story telling.

3. Waktu Posting Tepat

Saat memelihara fanspage Facebook sebaiknya membuat jadwal posting yang wajar. Maksudnya adalah menghindari tindakan agresif saat membuat dan membagikan konten. Sebaiknya buat jadwal postingan konten saat jam penggemar sedang aktif.

Kamu dapat memposting konten setiap saat apabila fanspage telah berkembang sekelas blog berita populer. Bagi fanspage brand dan e-Commerce sebaiknya mengutamakan kualitas konten daripada kuantitas.

Apabila tidak ingin mempublikasikan produk terus-terusan maka tidak ada salahnya memposting beberapa foto dalam sekali post. Metode seperti ini dianggap lebih efektif dan ringkas.

4. Selalu Meninjau Insight

Setelah melakukan cara membuat fanspage Facebook selanjutnya fanspage harus selalu ditinjau. Kamu dapat melakukan peninjauan performa fanspage melalui Insight. 

Insight memberikan informasi seputar performa fanspage berupa data statistik. Lakukanlah monitoring Insight melalui cara reguler, Sehingga dapat mengetahui jenis konten yang paling disukai oleh penggemar, page view, jumlah like, dan lainnya.

Peninjauan data monitoring Insight bermanfaat sebagai panduan untuk mengambil langkah selanjutnya. Terutama menilai apakah strategi yang diaplikasikan pada fanpage telah berhasil atau tidak.

Penutup

Fanspage Facebook dinobakan sebagai fitur paling efektif untuk publikasi, hiburan, dan bisnis daripada personal facebook. Namun, kamu wajib tahu cara membuat fanspage Facebook agar terlihat profesional.

Juga dinilai tepat untuk mengoptimalkan branding awareness suatu brand atau tokoh masyarakat. Terutama akan lebih optimal jika diterapkan metode digital marketing yang tepat. Semoga bermanfaat!

Tutorial Seputar Facebook Lainnya!

Rate this post

Leave a Comment