Cara Melihat Bukti Transfer di Brimo Dengan 3 Metode Mudah

Cara melihat bukti transfer di brimo ini akan menjadi topik menarik untuk kita bahas karena punya tahapan termudah dan manfaat luar biasa. Tak hanya di Brimo saja, akan tetapi kamu juga bisa mempelajari alternatif lainnya seperti di Internet banking dan pesan email. Oleh karena itu, pahami setiap konteks yang sudah Godigitalk.com rangkum dalam konteks berikut!

Apakah kamu tahu, ternyata cara melihat bukti transfer di brimo satu ini lebih ideal daripada memilih opsi lainnya. Dalam hal ini, kamu tidak harus mengakses situs web apapun, namun cukup mengakses satu platform resmi miliki BRI saja.

Dari sisi risiko, transaksi ini hampir tidak menimbulkan risiko apapun yang bisa membahayakan pengguna. Hal ini tidak lepas dari kemudahan di setiap instruksi-nya yang bisa kamu selesaikan dengan beberapa langkah saja.

Selain itu, Brimo yang merupakan fasilitas resmi milik BRI menjadi penunjang utama setiap keamanan data apapun yang kamu miliki. Jadi, tahapan cara melihat bukti transfer di brimo ini perlu kamu pelajari dengan sungguh-sungguh agar terselesaikan dengan sempurna.

Mengenal Apa Itu Bukti Transfer BRI

Secara garis besar, bukti transfer BRI adalah sebuah dokumen penting yang akan mencatat setiap transaksi nasabah, termasuk transfer yang dilakukan dengan layanan milik bank BRI.

Bukti transfer sendiri tersedia dalam beberapa jenis. Namun umumnya sejumlah bank konvensional menerbitkannya dalam bentuk Slip atau bahkan pula struk.

Jika transaksi transfer itu kamu lakukan lewat mesin ATM, maka mesin inilah yang akan mencetak bukti transfer. Sedangkan jika menggunakan mesin EDC, maka sistem mesin tersebut pula yang akan mencetak-nya.

Semuanya akan terbuat secara otomatis, sehingga informasi yang tersedia pada bukti transfer 100% akurat dan di dukung dengan informasi yang valid.

Lantas bagaimana jika transfer itu dilakukan secara elektronik? Misalnya lewat layanan internet banking atau fasilitas transaksi seperti brimo.

Apabila melakukan transfer lewat berbagai tahapan di atas, maka bukti transfer tetap akan keluar setelah transaksi itu selesai kamu lakukan. Hanya saja, bukti transfer yang akan kamu terima buka berbentuk secarik kertas, namun berupa notifikasi.

Notifikasi ini nantinya akan kamu terima lewat kotak masuk SMS atau bahkan pesan Email yang mana kedua contact tersebut sebelumnya pernah kamu gunakan untuk mendaftar internet banking.

Lantas bagaimana cara melihat bukti transfer di Brimo? Caranya sangat sederhana, yaitu idealnya kamu sudah memiliki akun internet banking terlebih dahulu.

Cara Melihat Bukti Transfer di Brimo

Cara Melihat Bukti Transfer di Brimo

Adapun syarat sebelum mengikuti instruksi ini yaitu memiliki user name dan password untuk login ke brimo. Untuk mendapatkan akses login tersebut, kamu harus mendaftarkan rekening ke layanan internet banking. Baru setelah itu, tahapan untuk mengetahui bukti transfer berikut bisa kamu ikuti:

  1. Akses Brimo dari ponsel yang hendak kamu gunakan.
  2. Selesaikan proses Login dengan memasukkan user ID dan Password brimo.
  3. Pada halaman utama, klik menu “Aktivitas”.
  4. Lanjutkan dengan memilih opsi “Bukti Transfer”. Dalam hal ini, kamu akan melihat berbagai informasi bukti transfer yang isinya data lengkap termasuk nominal transfer yang sudah kamu lakukan.
  5. Lakukan Screen Shot untuk menyimpan bukti transfer di Brimo.
  6. Selesai.

Ketahuilah, supaya bisa mengikuti tahapan cara melihat bukti transfer di brimo tersebut maka kamu perlu menggunakan data internet pada perangkat milikmu. Selanjutnya, mengakses brimo secara langsung dan menyelesaikan-nya dengan semua instruksi di atas.

Aktivitas ini tidak memerlukan biaya administrasi apapun. Bahkan meskipun kamu melakukannya secara berulang kali. Jadi, sepenuhnya 100% gratis dan mudah buat kamu lakukan darimana saja.

Cara Melihat Bukti Transfer BRI di Internet Banking

Selain tutorial di atas, Godigitalk.com juga punya alternatif lainnya yaitu dengan memanfaatkan fasilitas internet banking. Perbedaan dari tahapan ini ialah, kamu harus mengakses situs IB BRI dengan bantuan web browser yang terpasang di ponsel-mu.

Karena tidak memiliki perbedaan yang begitu signifikan dan sama-sama membutuhkan akses ke internet banking, itu artinya kamu harus mendaftar internet banking terlebih dahulu agar bisa menyelesaikan alternatif cara melihat bukti transfer di brimo ini.

Dalam hal ini, saya menganggap bahwa kamu telah mendaftarkan rekening ke fasilitas internet banking. Alhasil, tahapan yang dapat kamu terapkan untuk melihat bukti transfer BRI adalah sebagai berikut:

  1. Jalankan browser Chrome dari ponsel-mu.
  2. Buka situs resmi internet banking BRI dengan url berikut https://ib.bri.co.id/ib-bri/-.
  3. Masukkan user ID dan password pada setiap form input.
  4. Pada halaman utama, klik menu “cek riwayat transaksi” guna melihat semua aktivitas transfer yang pernah kamu lakukan.
  5. Lanjutkan dengan menekan opsi “Bukti Transfer”.
  6. Selesai. Semua informasi transfer akan tampak di layar perangkat dan kamu bisa menyimpannya dengan melakukan screen shoot layar.

Update 2023: Saat ini, url https://ib.bri.co.id/ib-bri/ yang merujuk ke situs resmi internet banking BRI tidak menampilkan form login. Alhasil, kamu tidak bisa menggunakan layanan ini sebagai alternatif cara melihat bukti transfer di brimo.

Sebagai gantinya, kamu harus menggunakan fasilitas Brimo secara langsung pada instruksi pertama di atas saat hendak memeriksa bukti transfer di waktu lampau.

Cara melihat Bukti Transfer BRI Mobile di Email

Ini adalah alternatif cara melihat bukti transfer di brimo terakhir yang bisa kamu lakukan dan paling aman. Hanya saja, tutorial ini akan berfungsi apabila kamu belum pernah membersihkan secara permanen kotak masuk email di gmail milikmu. Sebagai upaya melihat bukti transfer via email, tahap yang harus kamu lakukan ialah:

  1. Buka Gmail di ponsel milik-mu.
  2. Klik icon “cari” di gmail.
  3. Ketik kata kunci pencarian “Transaksi BRI”.
  4. Lihat hasil pencarian yang tampil di gmail.
  5. Buka kotak masuk tersebut.
  6. Lihatlah bukti transfer yang terkirim di email tersebut.
  7. Selesai.

Ini merupakan cara paling aman yang bebas risiko. Selain itu, cara melihat bukti transfer di brimo lewat email ini tidak menuntut pengguna untuk memberikan user ID maupun password login ke Brimo.

Idealnya, email tersebut masih aktif dan kamu bisa mengakses ke akun email tersebut. Dengan tahapan ini, maka segala transaksi yang sudah kamu lakukan lewat Brimo akan tampil sebagai kotak masuk email.

Manfaat Melihat Bukti Transfer

Terdapat berbagai manfaat ketika berhasil melihat bukti transfer di brimo, termasuk:

  • Pengecekan jumlah transaksi akan menjadi semakin mudah.
  • Seorang pemilik rekening menjadi lebih memahami berapa kali ia melakukan transaksi transfer dalam waktu tertentu, 1 bulan misalnya.
  • Pemilik tabungan dapat mengambil gambar screen shot yang kemudian dapat ia kirimkan ke orang lain sebagai bukti pembayaran yang telah ia lakukan.
  • Sebagai upaya analisis terhadap besarnya nominial transaksi dalam satu bulan.

Bagaimana menurutmu terkait tutorial cara melihat bukti transfer di brimo di atas, mudah sekali bukan? Jadi, segera ikuti semua instruksinya agar bisa mendapatkan bukti transfer secara valid.

Related Articles

Back to top button