Home » media sosial » tiktok » 11 Cara FYP di Tiktok Agar Video Viral & Banyak Like

11 Cara FYP di Tiktok Agar Video Viral & Banyak Like

Tiktok kini menjadi salah satu sosial media yang digandrungi oleh banyak orang di berbagai kalangan. Dari penonton hingga content creator berbondong-bondong pindh ke TikTok.

Dari situ juga banyak yang mencari cara masuk FYP TikTok agar videonya semakin ditonton oleh banyak orang.

Kalau kamu sering main TikTok dan ingin video kamu masuk laman FYP, beberapa tips di bawah ini akan membantumu. Dengan menjadi bagian dari FYP TikTok, kamu bisa mendapatkan banyak pemasukan dari sana.

Apa Itu FYP Tiktok?

apa itu fyp

FYP adalah singkatan dari For You Page. Halaman ini adalah tempat pertama yang akan kamu lihat ketika membuka akun TikTok.

TikTok melakukan kurasi video-video yang berhak untuk masuk FYP. Tentu saja ada beberapa hal yang kamu harus tahu agar kontenmu termasuk menjadi bagian FYP video TikTok.

Cara Masuk FYP TikTok

1. Video Berkualitas Baik

Kamu perlu memperhatikan kualitas video yang kamu unggah di TikTok. Sistem hanya mau memilih konten yang kualitasnya sesuai dengan ketentuan mereka.

Selain kejernihan, angle kamera juga penting. Juga, pastikan outfit dan latar belakang yang kamu gunakan nyambung.

Meskipun berjoget adalah konten yang populer, kamu akan lebih mudah masuk laman FYP kalau kamu bisa memberikan konten life hacks, tutorial, dan semacamnya.

2. Musik yang Sedang Hit

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menggunakan musik yang trendy. Musik berhubungan dengan algoritma yang digunakan oleh TikTok. 

Dengan mengikuti selera musik pengguna, maka besar kemungkinan videomu masuk laman FYP dengan lebih cepat. Selain itu, pastikan konten kamu on beat, ya.

3. Prime Time

jam fyp tiktok
niagahoster.com

Waktu yang kamu pilih untuk mengunggah konten juga berpengaruh, lho. Hal ini juga disebabkan oleh jam-jam tertentu ada lebih banyak orang yang sedang menggunakan TikTok.

Mengunggah konten ketika ada banyak yang menggunakan platform membuat tingkat atensi lebih tinggi. Apabila menggunakan waktu Indonesia, kamu bisa upload di jam 12 siang hingga 1 siang, 4 hingga 5 sore, dan 7 hingga 11 malam.

Baca juga : Cara download video tiktok

Hal yang Membuat Masuk FYP Tiktok

1. Engagement Baik

Hal pertama yang tidak bisa terbantah dalam cara agar tiktok masuk fyp adalah konten yang kamu buat. Engagement adalah hal yang penting agar viral.

Selain harus unik dan menunjukkan personaliti yang kuat, konten yang kamu buat harus relevan. Jangan ragu untuk ikut bergabung dengan apa yang sedang jadi tren, dan digabungkan dengan musik yang hits.

Tapi juga pastikan kalau kamu tidak hanya ikut-ikutan, ya. Tentunya kamu bisa memulai journey TikTok dengan ikutan dance yang sedang hit.

2. Mengikuti trend dan melakukan challenge

Seperti penjelasan sebelumnya, kamu bisa ikutan apa yang sedang naik daun di TikTok itu sendiri. Oleh karena itu, kamu perlu riset tentang apa yang sedang viral.

Selain itu, apabila kamu mengunggah konten challenge yang sedang viral, kemungkinan kamu masuk FYP akan semakin tinggi. Apalagi kalau kamu bisa membuat tren baru.

Intinya, kamu jangan bosan untuk mencoba hal baru, ya. Apabila hal baru yang kamu buat diterima banyak orang, dalam waktu yang singkat kamu akan jadi hit juga.

3. Video dengan Durasi Tepat

Memang sebenarnya TikTok menyediakan waktu hingga 30 detik untuk merekam video. Namun apabila kamu melihat video yang masuk FYP, durasinya sekitar 10 hingga 15 detik saja, lho.

Oleh karena itu, salah satu cara fyp di tiktok yang bisa kamu lakukan adalah membuat video dengan durasi yang tidak kepanjangan. Kamu bisa menggunakan cara slowmo di tiktok agar durasi terkesan lebih lama. Video juga akan menjadi lebih keren, bukan?

Apabila kamu berhasil membuat video singkat yang mengena di hati penonton, engagement konten kamu akan semakin baik. Artinya, kemungkinan kamu untuk viral juga semakin besar.

4. Berkolaborasi atau Duet

cara duet tiktok agar fyp
tipspintar.com

Saat ini yang sedang populer adalah melakukan kolaborasi atau duet. Kamu tidak perlu mengundang seseorang ke tempatmu untuk bikin konten bareng.

Kamu hanya perlu mengikuti challenge yang dibuat oleh TikTok-ers lain dan bergabung dengan mereka. Atau kamu juga bisa mention nama pengguna lain yang sudah viral duluan, sehingga kamu dapat exposure konten yang bagus juga.

5. Caption Berpengaruh

Mengingat TikTok adalah salah satu platform media sosial, ada strategi tersendiri yang harus kamu lakukan agar kontenmu masuk ke halaman FYP.

Salah satunya adalah memperhatikan caption yang kamu tuliskan. Selain menarik, isinya harus sesuai dengan konten yang kamu unggah, ya.

Click-bait masih cukup populer, tapi pastikan tidak berlebihan. Selain itu, sertakan CTA yang jelas sehingga penonton kamu tahu harus ke mana untuk melakukan apa. Jangan ragu juga untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip SEO.

6. Gunakan Hashtag Populer

Setelah kamu menulis caption yang oke dan relatable, pastikan kamu menyertakan hashtag yang keren dan populer. Hal ini akan membuat akunmu semakin mendunia.

Namun pastikan bahwa tags yang kamu pilih relevan dengan konten yang kamu buat, jangan sampai ngalor-ngidul. Hashtags yang populer dan terpercaya bisa membuat konten kamu masuk FYP TikTok dengan lebih cepat.

7. Interaksi dengan User Lain

Untuk meningkatkan engagement penting sekali kamu melakukan interaksi dengan pengguna lainnya. Kamu bisa mulai dengan memberikan komentar pada video lainnya yang ada di FYP.

Ketika interaksi kamu baik, TikTok akan menganggap engagement kamu cukup baik. Selain itu, kamu bisa bertukar follow dengan pengguna lain. Seru, kan? Kamu tidak akan dikenal jika tidak memulai duluan.

8. Perhatikan Algoritma TikTok

algorithm tiktok agar masuk fyp

Bicara soal algoritma TikTok dan cara agar video TikTok FYP konten kamu masuk FYP, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu. 

Kamu bisa memperhatikan hal ini tapi jangan terlalu dipikirkan, karena kualitas video kamu yang nomor satu.

  • Kamu akan lebih cepat masuk FYP apabila likes, shares, dan comments di kontenmu juga banyak. Buat banyak konten dan konsisten, ya.
  • Pastikan musik yang kamu gunakan dan hashtags yang kamu pilih relevan dengan konten yang kamu unggah. Dua hal ini krusial dalam menentukan apakah videomu bisa masuk FYP atau tidak.
  • Pengaturan lokasi dan pilihan bahasa biasanya juga mempengaruhi siapa audiens kamu. Oleh karena itu, pastikan kamu mengaturnya dengan benar, ya.

Meskipun hal-hal di atas bersifat cukup teknikal, kamu bisa memaksimalkannya dengan baik agar segera masuk FYP, lho.

9. Menggunakan Pakaian yang Tepat

Pakaian yang kamu pakai mungkin memang tidak terlalu berpengaruh pada algoritma TikTok. Namun mengingat kamu membuat konten untuk dilihat oleh manusia lain, pastikan kostum yang kamu gunakan juga relevan.

Mengikuti tren adalah salah satu keputusan yang tepat. Beberapa orang memamerkan aksinya dengan menggunakan pakaian dari desainer. Namun ada juga beberapa yang hanya menggunakan hoodies maupun baju motif tie dye.

Relevansi adalah kata kunci yang harus kamu pegang teguh. Dan tentu saja, hal ini ada kaitannya dengan tema konten yang kamu buat.

10. Tentukan Tema dan Konsisten

Salah satu parameter yang digunakan oleh TikTok untuk memasukkan video ke FYP atau tidak adalah tema dan konsistensi. Dua hal itu sangat mempengaruhi apakah kontenmu pantas diviralkan atau sebaliknya.

Misal, kamu suka masak dan sering bikin video tutorial masak hal-hal yang simpel namun mengena. Kamu pun konsisten dengan hal itu, sehingga TikTok menganggap kamu sebagai figur yang bisa diandalkan.

Menjaga konsistensi tema sebenarnya juga penting untuk menarik audiens baru. Dapat audiens barus dan masu medium batch yang ditentukan oleh TikTok adalah big deal, lho.

Baca juga : Cara menyimpan video tiktok ke galeri

11. Upgrade ke Akun Pro

akun pro tiktok agar fyp

FYI, kamu bisa upgrade akun TikTok kamu menjadi pro, lho. Akun Pro ini cocok untuk kamu yang serius berbisnis dengan menjadikan TikTok sebagai platform-nya. Akun yang satu ini akan memberikan kamu insight lengkap tentang konten yang kamu buat. 

Dengan mengetahui analisis seperti itu, kamu bisa mempersiapkan strategi yang lebih oke lagi ke depannya. Tertarik? Kamu bisa mempertimbangkannya, lho.

Penutup

Sudah siap jadi terkenal? Kamu tinggal mengikut beberapa tips di atas tentang cara masuk FYP TikTok. Memang hasilnya tidak instan, namun jika kamu melakukannya dengan benar dan konsisten, konten kamu akan segera viral. Semangat!

Rate this post

Leave a Comment