6 Cara Hapus Akun Telegram Via HP dan PC

Kumpulan cara hapus akun Telegram berikut ini bisa menjadi solusi terbaik saat kamu merasa kurang aktif dan ingin fokus di salah satu media sosial yang ada. Ide bagus tuh!

Sejauh ini Telegram menjadi salah satu aplikasi chatting populer yang  paling banyak digunakan selain WhatsApp. Hanya saja faktanya ada beberapa pengguna yang tidak nyaman dengan fitur-fiturnya.

Sehingga tidak sedikit orang yang menghapus akun telegram mereka karena alasan tertentu. Namun, sebelum menghapusnya pastikan data yang ada di dalamnya sudah dicadangkan.

Cara Hapus Akun Telegram di HP Android dan iPhone

Diantara beberapa cara menghapus akun Telegram tersebut yang paling simple dan mudah bisa melalui smartphone. Disini bisa dilakukan secara otomatis, manual hingga permanen.

1. Hapus Aku Telegram Otomatis

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghapusnya secara otomatis. Artinya akun tersebut akan terhapus secara langsung sesuai dengan waktu yang telah diatur.

  • Terlebih dahulu buka aplikasi Telegram yang sudah terinstal di smartphone.
  • Setelah terbuka, klik ikon 3 garis yang ada di sisi kiri layar.
cara hapus akun telegram
  • Lalu arahkan ke opsi setting lalu pilih privacy and security.
cara hapus akun telegram
  • Kemudian, scroll hingga menemukan submenu delete my account
cara hapus akun telegram
  • Pilih opsi if away for
  • Di sini, kamu bisa menentukan berapa lama waktu untuk dapat menghapus akun tersebut secara otomatis. Pilihannya ada 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 1 tahun.
  • Jika kamu memilih waktu selama 1 bulan, maka akun akan terhapus secara otomatis jika kamu tidak mengakses akun tersebut dalam jangka waktu tersebut.

2. Hapus Aku Telegram Manual

Selain menghapus akun Telegram secara otomatis kamu juga bisa menghapusnya secara manual. Artinya akun akan terhapus secara langsung setelah kamu melakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama buka situs resmi telegram atau ketikkan url https://telegram.org/aut?to=delete pada peramban yang ter-instal di smartphone.
cara hapus akun telegram
  • Lalu, masukkan nomor telepon yang terhubung dengan Telegram dengan format +62.
cara hapus akun telegram
  • Setelah itu, kamu akan menerima pesan Telegram berisi kode verifikasi.
cara hapus akun telegram
  • Kemudian, masukkan kode verifikasi tersebut di kolom yang tersedia.
  • Lalu delete my account.

3. Menghapus Akun yang di-Hack Orang Lain

Biasanya jika akun media sosial sudah di-hack maka akan sulit diakses kembali oleh penggunanya. Terlebih saat nomor telepon yang digunakan sudah dalam kondisi tidak aktif. Sama halnya dengan akun Telegram yang sudah di-hack. 

Jika akun Telegram sudah di-hack sebenarnya cukup sulit untuk menghapusnya. Namun, jika kamu menggunakan cara verifikasi dua langkah untuk masuk maka akunmu masih bisa diselamatkan. 

Dengan cara mengecek e-mail atau SMS dari Telegram untuk memastikan bahwa bukan kamu yang masuk ke akun Telegram, melainkan hacker. Biasanya akan disarankan untuk mengatur ulang kata sandi agar lebih aman ke depannya.

4. Hapus Akun Telegram Tanpa Kode Verifikasi

Secara teknis untuk menghapus akun Telegram maka dalam prosesnya pasti membutuhkan kode verifikasi agar lebih aman. Namun, jika kasusnya adalah nomor yang digunakan sudah tidak aktif bagaimana?

Untuk menyelesaikan permasalahan ini, sebenarnya cukup siasati saja dengan cara menonaktifkan akun sementara waktu. Setelah itu diamkan selama 6 bulan maka akun tersebut akan terhapus otomatis.

5. Menghapus Telegram Secara Permanen

Cara menghapus akun Telegram secara permanen sebenarnya hampir sama dengan menghapusnya secara manual. Yaitu dengan cara mengunjungi situs resmi Telegram melalui perampan yang terinstal di smartphone atau ketik url https://telegram.org/aut?to=delete ini di address bar.

Lalu, ikuti langkah selanjutnya sesuai dengan yang tertera di laman. Pastikan kamu memasukkan nomor dengan format +62 atau format nomor telepon dalam standar internasional.

Kemudian, masukkan kode verifikasi yang akan dikirimkan melalui akun Telegram. Setelah berhasil sign ini, sebelum menghapus akun, kamu diminta untuk menuliskan alasan mengapa menghapus akun tersebut. Setelah itu, klik delete my account dan akun akan terhapus.

Cara Hapus Akun Telegram lewat Browser

Secara garis besar, cara hapus akun Telegram lewat browser sama aja dengan menghapus akun secara manual melalui situs resmi Telegram. Langkah-langkahnya pun sama percis seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Pertama ketikkan pada address bar link berikut ini https://my.telegram.org/auth?to=deactive. Kemudian akan muncul laman, lalu masukkan nomor yang digunakan akun Telegram. Setelah itu, tinggal ikuti saja langkah selanjutnya sampai akhir.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus akun Telegram. Kamu bisa memilih cara mana yang akan kamu gunakan untuk menghapusnya. Terbilang cukup mudah bukan? 

Hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum menghapus akun adalah pastikan bahwa data-data penting di dalamnya sudah dicadangkan. Agar nantinya tidak kesulitan untuk mengaksesnya kembali.

Leave a Comment