Home » komputer » 5 Cara Connect Wifi di Laptop dan Komputer

5 Cara Connect Wifi di Laptop dan Komputer

Cara connect WiFi di laptop dan komputer untuk mengakses internet terbilang cukup mudah. Hal ini karena hampir semua jenis laptop sudah dibekali adapter Wireless Fiber. Kamu juga dapat gunakan LAN atau Wireless Adaptor untuk menghubungkan WiFi ke komputer.

Jika kamu bingung tentang bagaimana cara menyambungkan WiFi di laptop dan komputer, simak beberapa langkah berikut ini.

Cara Connect WiFi di Laptop untuk Pemula

cara connect wifi di laptop dan komputer untuk pemula

Pertama, mari bahas terlebih dahulu cara menghubungkan WiFi di Laptop sebelum komputer. Tidak ada alat tambahan yang harus digunakan pada koneksi jenis ini. Berikut beberapa cara yang bisa diikuti:

1. Menekan Tombol Wifi pada Keyboard 

Beberapa jenis laptop dari brand tertentu telah menyediakan fitur khusus untuk mengaktifkan dan mematikan fungsi koneksi WiFi. Posisi tombol WiFi biasanya berada di dekat tombol power atau di bagian atas keyboard.

Setelah kamu menemukan WiFi button, tekan tombol tersebut dan tunggu beberapa saat sampai icon berbentuk sinyal di taskbar muncul atau sampai lampu indikator pada tombol tersebut menyala.

2. Menggunakan Tombol FN

Jika laptop tidak dilengkapi dengan tombol untuk connecting WiFi, maka bisa menggunakan cara kedua, yaitu dengan kombinasi tombol Fn. Pertama, kamu perlu mencari tombol dengan simbol WiFi, biasanya antara deretan kode F1 hingga F12 atau pada tombol PrtScr.

Kalau sudah menemukan tombol tersebut, tekan bersamaan dengan tombol Fn. Sebagai contoh jika simbol WiFi terdapat di tombol F10, gunakan tombol Fn+F10 untuk mengaktifkan WiFi. (baca selengkapnya fungsi tombol keyboard).

3. Melalui Windows Mobility Center 

Jalan lainnya yang bisa dicoba untuk mengaktifkan koneksi WiFi di laptop yaitu melalui Windows Mobility Center.  Berikut tata caranya:

  • Ketik “Windows Mobility Center” di kolom search atau Windows Run. Untuk pengguna windows 7, gunakan menu Control Panel di Start taskbar. Sementara untuk user Windows 8, arahkan kursor ke sisi kanan layar, pilih opsi Settings, lalu Control Panel.
  • Selanjutnya, akan muncul tab yang berisi berbagai macam ikon seperti volume, display dan sebagainya. Pilih ikon Wifi dan klik opsi “Turn wireless on”.
  • Periksa taskbar sisi kanan bawah, jika ada logo wireless tandanya WiFi berhasil disambungkan.

4. Connect Wifi Lewat Taskbar 

Salah satu cara menghubungkan WiFi di laptop yang sering digunakan yaitu melalui menu taskbar. Hal ini karena kamu hanya perlu mengarahkan kursor ke sisi kanan bawah, dan pilih icon network and internet settings, kemudian klik simbol WiFi.

Setelah itu, cari nama WiFi yang akan di koneksikan ke laptop kamu, lalu klik Connect dan tunggu hingga simbol internet acces aktif di menu taskbar. Cara ini lebih mudah, cepat, dan dapat digunakan pada laptop dengan OS windows 7,8 dan 10.

5. Connect Wifi Lewat Control Panel 

Cara terakhir untuk menghidupkan sambungan WiFi di laptop adalah dengan menggunakan menu Control Panel. Pertama, buka “network and internet” lalu klik “Network and sharing center”.

Setelah itu pilih “Change adapter settings” dan klik kanan pada WiFi yang akan digunakan, lalu klik “Enable”. Jika sudah, maka artinya jaringan wireless fiber pun telah terhubung ke perangkat laptop yang kamu gunakan.

Cara Connect WiFi di Komputer

cara connect wifi di laptop dan komputer untuk pemula

Sebelumnya kita sudah membahas cara connect wifi di laptop, dan sekarang cara menghubungkan WiFi di komputer. Agar sukses melakukannya, kamu harus mempunyai Wireless Adaptor & driver WiFi, barulah bisa ikuti cara connect WiFi ke komputer berikut:

  • Siapkan Wireless Adaptor yang nantinya akan terpasang di CPU komputer. Alat tersebut merupakan perangkat yang dapat menghubungkan jaringan internet tanpa menggunakan kabel.

Wireless Adaptor terbagi menjadi dua jenis yaitu Wireless adaptor Internal yang digunakan apabila komputer telah dilengkapi fitur tersebut, dan external yang bisa dibeli dengan harga mulai dari harga 40 ribu hingga 500 ribu rupiah.

  • Selanjutnya, install Driver WiFi. Alat ini biasanya telah tersedia saat kamu membeli wireless adaptor. Cara memasangnya: masukan CD driver, klik “autorun”, lalu pilih mode TP-Link yang digunakan dan tunggu hingga proses instalasi selesai.
  • Hubungkan WiFi di komputer dengan cara klik icon network and setting di menu taskbar. Kemudian, pilih jaringan WiFi yang akan dipasang.

Kenapa WiFi Tidak Bisa Connect?

cara connect wifi di laptop dan komputer untuk pemula

Terkadang, kamu mungkin menemukan kendala saat akan menghubungkan jaringan WiFi ke laptop atau komputer. WiFi yang tidak bisa tersambung biasanya disebabkan oleh sering memutus sambungkan koneksi, atau kualitas sinyal yang kurang bagus.

Selain kemungkinan di atas, ada beberapa hal lain yang dapat jadi penyebab WiFi tidak dapat connect ke perangkat. Berikut kemungkinan penyebab kenapa WiFi tidak bisa tersambung:

1. Driver WiFi tidak Cocok 

Kemungkinan pertama penyebab tidak dapat terhubungnya koneksi WiFi yaitu karena driver WiFi yang digunakan tidak cocok. Hal ini sering terjadi saat pengguna komputer membeli wireless adaptor dan mengunduh driver yang tidak sesuai dengan hardware.

Kasus lain juga mungkin terjadi karena kerusakan yang disebabkan oleh crash pada aplikasi WiFi, atau gangguan daya. Untuk itu, pastikan Hardware dan driver pada wireless adaptor sesuai dengan yang dibutuhkan.

2. Masalah pada Router 

Penyebab lain yang mungkin menjadi alasan WiFi tidak bisa connect yakni masalah pada router atau penghala. Router adalah ‘jembatan’ yang menghubungkan internet dan jaringan untuk PC seperti komputer.

Masalah ini biasanya disebabkan karena suhu router yang mengalami overheat, daya tangkap sinyal berlebih oleh sebab terhalang benda disekitarnya, atau masalah pada software router itu sendiri.

Untuk cara mengatasinya, pastikan sambungan power router berada di posisi terpasang kencang. Kemudian, singkirkan benda-benda disekitar router yang dapat menghalangi sinyal, dan terakhir jangan lupa untuk update software driver router.

3. Masalah pada IP Address 

Internet Protocol Address atau yang biasa disebut IP Address merupakan salah satu komponen penting dalam menggunakan jaringan Internet. Oleh karena itu, masalah pada IP Address dapat menyebabkan WiFi sulit terhubung ke PC.

Contoh kasus seperti adanya kemungkinan domain atau alamat IP berubah, biasanya disebabkan dari virus yang mampu memblokir sistem perangkat kamu. Cara memperbaikinya, yaitu dengan melakukan install ulang sistem, atau konsultasi pada ahlinya. 

4. Masalah WiFi Terkoneksi namun Tidak dapat Akses Internet

Selain beberapa trouble di atas, mungkin kamu jug apernah mengalami WiFi connect tapi ‘no internet’. Hal semacam ini bisa terjadi, salah satunya karena alamat IP tidak sesuai dengan modem atau jaringan yang digunakan. 

Cara mengatasi kasus seperti ini yaitu dengan buka menu “network & internet setting” lalu pilih adaptor WiFi yang digunakan. Jika IP address pada perangkat untuk jaringan IPv4, sesuaikan angkanya menjadi seperti ini: 169.254.

Penyebab lain juga bisa karena kuota internet habis, atau beberapa firewall mencegah koneksi. Cara mengatasinya yaitu dengan mengisi ulang kuota atau dengan update software dan install ulang sistem.

Penutup

Demikian cara mengaktifkan WiFi di laptop dan komputer juga beberapa penyebab WiFi tidak dapat tersambung beserta solusinya. Apabila semua cara yang diatas sudah dicoba namun tidak ada yang berhasil, sebaiknya bawa PC ke tempat service terdekat.

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!

Rate this post

Leave a Comment